Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Arus Balik Tol Semarang-Solo di GT Banyumanik Ramai Lancar

Ahad 01 Nov 2020 18:46 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fuji Pratiwi

Kendaraan melintas di salah satu ruas Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo, Jawa Tengah (ilustrasi). Arus balik libur panjang dan cuti bersama di ruas Tol Semarang-Solo terus mengalir, hingga Ahad (1/11) sore.

Kendaraan melintas di salah satu ruas Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo, Jawa Tengah (ilustrasi). Arus balik libur panjang dan cuti bersama di ruas Tol Semarang-Solo terus mengalir, hingga Ahad (1/11) sore.

Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
10 Gardu Utama dan 12 gardu miring dioptimalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Arus balik libur panjang dan cuti bersama di ruas Tol Semarang-Solo terus mengalir, hingga Ahad (1/11) sore. Pengelola jalan tol ini memprediksi puncak arus balik tersebut diprediksi masih akan berlangsung hari ini.

Manajer Operasi Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO), Fauzi Abdul Rahman mengungkapkan, hingga Ahad sore arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo terpantau ramai lancar.

Baca Juga

Di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, Kota Semarang juga tidak terpantau antrean kendaraan yang mengular panjang untuk menunggu transaksi, khususnya di jalur tol B atau dari jalur arah Surabaya menuju Jakarta.

"Sampai saat ini, kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Semarang-Solo relatif terkendali dan sangat kondusif pada arus balik pascalibur panjang dan cuti bersama," ungkap Fauzi melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan, arus balik di ruas tol Semarang-Solo sudah terpantau sepanjang hari Sabtu (31/10) siang kemain hingga Ahad ini.

Sebagai antisipasi lonjakan volume kendaraan di dalam tol, GT Banyumanik mengoperasionalkan seluruh gardu pembayaran, termasuk memaksimalkan semua OAB atau gardu miring yang ada.

Selain 10 unit gardu pembayaran reguler, di GT Banyumanikjuga diopersionalkan 12 gardu miring guna memperlancar transaksi elektronik. Termasuk menyiagakan petugas untuk mengarahkan kendaraan melakukan transaksi di gardu yang kosong.    

Jadi, walaupun di jalur tol ramai lancar pada saat berada di GT Banyumanik tidak terjadi antrean kendaraan pengguna jalan tol dan arus lalu lintas masih tetap mengalir.

"Sehingga selama arus balik sepanjang hari Sabtu hingga saat ini tidak terpantau adanya penumpukan arus lalu lintas atau antrean kendaraan yang panjang yang akan bertransaksi di GT Banyumanik," ungkap dia.

Fauzi juga menyampaikan, sampai dengan Ahad sore ini, jumlah kendaraan arus balik menuju GT Kalikangkung (arah barat) yang melintas di GT Banyumanik masih terus mengalir.

Sehingga hari ini diprediksi bisa menjadi puncak arus balik setelah masa libur panjang dan cuti bersama kali ini. "Guna mendukung kelancaran arus lalu lintas di GT Banyumanik, kami masih menyiagakan petugas," kata Fauzi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA