Ahad 01 Nov 2020 16:33 WIB

Progres Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Capai 40,86 Persen

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki tahap pertama akan rampung Juli 2021.

Rep: Febryan. A/ Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Pembangunan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
[Ilustrasi] Pembangunan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan, setelah 67 pekan pengerjaan, proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) tahap I telah rampung 40,86 persen. Bahkan, pengerjaan Gedung Parkir Taman telah mencapai 95,59 persen. 

Corporate Communications Manager Jakpro, Melisa Sjach, mengatakan, pengerjaan Gedung Parkir Taman kini sudah pada tahap penyelesaian akhir. Misalnya, pengerjaan area pemadam kebakaran, basement lantai 1 dan 2, lantai mezzanine, serta lantai atap.

Baca Juga

"Area gedung parkir ini juga sudah masuk tahap finishing pengerjaan drainage cell dan geo textile taman atap. Kemudian, pengerjaan water proofing dengan proses tes rendam yang juga telah memasuki tahap akhir," kata Melisa dalam siaran persnya yang dikutip Republika, Ahad (1/11).

Sedangkan area Perpustakaan dan Wisma Seni, lanjut dia, pengerjaannya telah mencapai 20,39 persen. Pengerjaan yang sedang berlangsung adalah mengerjakan galian basement, pembesian pile cap, tie beam, dan lantai basement 2. 

"Kemudian, proses pengerjaan di area Perpustakaan dan Wisma Seni sudah memasuki tahap strutting dan pembesian kolam," katanya. 

Melisa berharap, revitalisasi TIM dapat menambah gairah dan mengoptimalkan ide-ide kreatif para pegiat seni. Dengan wajah baru TIM yang lebih megah, modern dan monumental, TIM diharapkan bisa mencetak komunitas-komunitas seni yang produktif. 

"Sehingga karya-karyanya dapat dinikmati masyarakat umum hingga turis mancanegara," kata dia.

Revitalisasi TIM dibagi dalam dua tahap. Pengerjaan dipisah karena adanya perbedaan jenis dan karakter bangunan.

Pengerjaan tahap pertama adalah Masjid Amir Hamzah, gedung parkir dan pos damkar, perpustakaan dan wisma seni. Tahap I ini ditargetkan rampung pada Juli 2021.

Sedangkan tahap kedua adalah gedung pertunjukan, planetarium, serta gedung yang melingkarinya. Pada tahap dua juga bakal dibangun lokasi teater halaman serta infrastruktur kawasan TIM. Tahap 2 baru akan dimulai setelah tahap I rampung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement