Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tips Ngopi Enak Tanpa Menguras Uang

Ahad 01 Nov 2020 14:00 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

(Foto: ilustrasi kopi)

(Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Needpix
Berapa uang yang Anda keluarkan untuk minum kopi per hari?

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dipungkiri, pengeluaran untuk membeli kopi bisa sangat membengkak, utamanya bagi para pecinta kopi. Sebab, sebagian dari mereka ada yang sampai menghabiskan tiga gelas kopi atau lebih dalam satu hari. Bisa dibayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan?

Nah, jika kalian ingin menghemat uang untuk ngopi, berikut beberapa cara untuk bisa menikmati kopi yang berkualitas namun dengan biaya lebih murah.

1. Seduh di rumah

Menyeduh kopi di rumah mungkin membutuhkan investasi awal untuk membeli mesin, peralatan, dan biji kopi. Namun ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Anda juga bisa menikmati kopi kapanpun tanpa harus pergi ke kedai kopi.

2. Beli biji kopi dalam jumlah banyak

Jika Anda ingin kopi berkualitas namun juga hemat, beli biji kopi dalam jumlah yang lebih banyak. Beberapa pemanggang menjual biji yang sangat bagus dalam kantong multipon dengan sedikit diskon per ons. Simpan dalam wadah atau stoples kedap udara agar tetap segar.

3. Timbang dengan akurat

Gunakan timbangan untuk menimbang biji kopi daripada mengandalkan sendok. Hal ini guna memastikan Anda mendapatkan rasio yang tepat untuk secangkir kopi yang nikmat. Sembari melakukannya, bersihkan penggiling kopi Anda secara teratur.

4. Pilih house blend

Kopi single origin yang berasal dari pertanian atau wilayah tertentu, umumnya dijual dengan harga premium karena biji kopi hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Beberapa orang lebih suka single origin karena rasanya mungkin lebih berbeda. Tetapi kopi house blend (diracik dari berbagai jenis kopi) yang berkualitas tinggi bisa sama enaknya. Ini dapat menghemat beberapa dolar per kantong biji kopi, yang sekali lagi, bertambah seiring waktu.

5. Gunakan biji kopi yang lebih murah untuk secangkir latte

Jika Anda membuat latte atau menambahkan banyak pemanis atau sirup ke dalam kopi, Anda mungkin bisa mendapatkan biji kopi yang lebih murah karena rasanya akan tertutupi oleh susu, krim, atau gula.

6. Cari diskon

Beberapa pemanggang kopi biasanya memberi penawaran jika Anda membeli biji kopi secara berulang. Ada juga sejumlah layanan berlangganan kopi yang bersumber dari berbagai pemanggang dengan diskon kecil. Anda juga dapat menemukan penawaran di media sosial atau situs web.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA