Sabtu 31 Oct 2020 17:50 WIB

BKKP Edukasi Protokol Kesehatan kepada Nelayan

BKKP melakukan kampanye protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19 kepada nelayan.

Rep: Anastasia AS (swa.co.id)/ Red: Anastasia AS (swa.co.id)
.
.

Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) melakukan kampanye protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19 kepada masyarakat di tengah masih mewabahnya pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Pencegahan Covid-19.

“Kegiatan Sosialisasi ini diselenggarakan dalam bentuk rangkaian kegiatan, antara lain Sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan terkait Covid-19 dan Pencegahannya, Sosialisasi Cara Memakai/Melepas Masker dan Mencuci Tangan yang Benar, Pemeriksaan Kesehatan berupa Pemeriksaan Rapid Test Anti Body Covid-19 dan Pemeriksaan Narkoba, serta Pemberian Bantuan Wastafel dan Paket Kesehatan,” kata Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), dr. Hesti Ekawati.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 orang peserta. Pada pagi hari Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan kami lakukan di Aula Koperasi Perikanan Mina Sumitra dengan peserta Nelayan di wilayah Indramayu.

Siang harinya, tim melakukan Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan di Ruang Pertemuan Kantor UPP Indramayu diikuti oleh para pegawai UPP Indramayu sebagai peserta.

Tidak hanya memberikan sosialisasi pencegahan virus Covid, BKKP juga memberikan bantuan berupa Wastafel untuk cuci tangan di kantor-kantor stakeholder di sekitar Kantor UPP Indramayu. Area yang menjadi target penerima bantuan ini adalah KPL Mina Sumitra, Kantor Kepala Desa Karangsong, Kantor Pengelola Pariwisata Karangsong, Pos SatPOLAIRUD, Kantor Pengelola Wisata Karangsong, dan Kantor Kesyahbandaran Perikanan Karangsong.

“Kami juga membagikan 250 unit paket kesehatan berisi madu, vitamin, masker, hand sanitizer, face shield dan tisu basah kepada para nelayan, pegawai UPP, para stakeholder dan warga di sekitar wilayah Kantor UPP Indramayu,” ujar dr. Hesti.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, pihaknya tetap mengedepankan dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Kegiatan Sosialisasi Kesehatan dan Keselamatan Pencegahan Penularan Covid-19 serta Gerakan Cuci Tangan ini, menurut dr. Hesti, merupakan wujud komitmen BKKP kepada masyarakat dan pegawai Perhubungan Laut untuk mengajak semuanya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

“Kegiatan ini merupakan wujud kehadiran dan perhatian pemerintah kepada masyarakat, khususnya para nelayan di wilayah Indramayu dalam melewati masa-masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Koperasi Perikanan KPL Mina Sumitra dan perwakilan nelayan dan Kepala Kantor UPP Kelas III Indramayu, H. Sudarto.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement