Sabtu 31 Oct 2020 16:23 WIB

Megawati Ajak Kepala Daerah Wujudkan Gerakan Menanam Pohon

Adanya gerakan menanam diharapkan membuat generasi muda bangga dengan keberagaman.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP PDI Perjuangan akan menggelar Rakorbidnas Kebudayaan dengan tema Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan se-Indonesia, Sabtu (31/10). Melalui acara tersebut Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ingin mengajak kepala daerah untuk mewujudkan gerakan menanam pohon. 

"Ibu Megawati sangat memberikan perhatian terhadap alam dan tanaman. Melalui gerakan menanam pohon kepada para kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan diharapkan memberikan kontribusi untuk menjaga kelestarian alam," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/10).

Direncanakan Megawati akan membuka dan memberikan pengarahan dalam acara tersebut. Selain itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini juga akan turut memberikan pengarahan. Berdasarkan jadwal, acara dimulai pukul 13.30 WIB.

"Pada acara itu juga akan dipaparkan dampak La Nina baik terkait dengan pertanian, ancaman banjir dan tanah longsor, termasuk meminta kader-kader PDI Perjuangan melalui Baguna dapat memersiapkan kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Lalu skala prioritas penanganan bencana ditujukan pada kaum perempuan dan anak," ujarnya.

Hasto menambahkan, melalui gerakan menanam pohon diharapkan bisa menjadi sebuah ajakan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar.  Adanya gerakan menanam tersebut juga diharapkan membuat generasi muda Indonesia bangga dengan keberagaman sumber pangan dan bumbu-bumbuan yang dimiliki Indonesia.

“Sebab Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan sumber pangan dan bumbu-bumbuan paling lengkap sedunia. Generasi muda Indonesia hendaknya bangga menggembangkan seluruh keanekaragaman pangan tersebutdan mengolahnya secara kreatif,” harapnya 

Melalui Rakorbidnas, setiap kepala daerah nantinya juga diminta melaporkan progress report terkait dengan gerakan menanam tanaman pendamping beras seperti sukun, sorgum, pisang, umbi-umbian, porang, talas, sagu dan lainnya.

hasto mengatakan merawat alam termasuk menanam pohon akan menjadi salah satu indikator penilaian terhadap kinerja bagi kader yang duduk di eksekutif. 

"Ibu Megawati selalu menekankan pentingnya menjaga kelestarian tanaman di Indonesia. Melalui Rakorbidnas ini, kampanye gerakan menanam pohon semakin diperkuat dan diharapkan para kepala daerah PDI Perjuangan bisa mewujudkan harapan itu," ungkapnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement