Jumat 30 Oct 2020 11:36 WIB

Mutasi Genetik Corona Picu Gelombang Kedua Covid-19 di Eropa

Eropa kini sedang dilanda gelombang kedua Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Antrean untuk tes Covid-19 di bandara di Duesseldorf, Jerman, Senin, 27 Juli 2020. Jerman, Prancis, dan negara lainnya di Eropa tengah dilanda gelombang dua Covid-19.
Foto: AP/Martin Meissner

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti yang mempelajari tentang virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan infeksi penyakit Covid-19  mengungkapkan hal terbaru yang diketahui mengenai mutasi genetik virus.  Studi yang dilakukan memperlihatkan bahwa mutasi genetik yang berasal dari pekerja pertanian di Spanyol mungkin telah berkontribusi pada gelombang kedua di Eropa.

Financial Times melaporkan para ilmuwan saat ini sedang bekerja untuk menentukan peran dari varian 20A.EU1 yang mungkin menyebabkan penularan atau kematian akibat Covid-19. Para ilmuwan tengah melihat kemungkinan efek mutasi pada protein lonjakan virus. Varian tersebut ditemukan dalam kasus-kasus di seluruh Eropa, termasuk lebih dari 80 persen di Spanyol.