Jumat 30 Oct 2020 05:05 WIB

8 Makanan Ini Tetap Tahan Meski Lewat Masa Kedaluwarsa

Ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi meski lewat tanggal kedaluwarsa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi meski lewat tanggal kedaluwarsa (Foto: ilustrasi)
Foto: Wallpaper Flare
Ada beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi meski lewat tanggal kedaluwarsa (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal kedaluwarsa pada label makanan penting diperiksa, sebab itu menjadi batas akhir makanan layak dikonsumsi atau tidak. Tapi ada beberapa jenis makanan yang masih aman dikonsumsi meski lewat tanggal kedaluwarsa.

Layanan Inspeksi Keamanan Pangan dari USDA menyatakan, tanggal kedaluwarsa berfungsi untuk memberi tahu pelanggan kapan makanan berada pada kualitas terbaik. Namun, bukan indikator keamanan pangan.

Baca Juga

Melansir laman Eating Well pada Kamis (29/10) berikut delapan makanan yang jika kondisinya masih bagus, masih bisa dikonsumsi meski lewat tanggal kedaluwarsa.

Heavy cream

Heavy cream biasanya ditambahkan untuk kopi, sup, dan pasta. Makanan ini bisa bertahan selama satu hingga tiga minggu setelah tanggal kedaluwarsanya. Penting untuk diperhatikan bahwa krim kental yang sudah dibuka memiliki masa simpan yang jauh lebih pendek daripada krim yang belum dibuka, jadi buatlah rencana untuk menggunakannya setelah krim dibuka.

Keju

Makanan yang banyak disukai ini dapat didinginkan hingga beberapa minggu untuk keju lembut (soft cheese) dan hingga empat bulan untuk keju keras (hard cheese). Jika keju memiliki jamur di bagian luar, potong bagian itu dan bagian lainnya aman untuk dimakan. Setelah keju dibuka, umur simpannya berkurang secara signifikan. Pastikan untuk menyimpan keju terbuka dalam wadah tertutup rapat.

Telur

Telur bisa bertahan hampir 70 hari jika didinginkan dengan benar. Itu biasanya tiga hingga empat minggu setelah tanggal kedaluwarsa.

Yogurt

Yoghurt bisa bertahan selama satu hibgga tiga pekan setelah tanggal kedaluwarsa. Periksa pertumbuhan jamur, aroma atau cicipi rasa yang tidak biasa untuk mengetahui kapan yogurt tidak layak dikonsumsi.

Sayur kalengan

Sayur kalengan biasanya bisa bertahan satu hingga dua tahun setelah tanggal yang tertera di kaleng.

Roti bagel

Pengawet dalam bagel dan roti yang dikemas memungkinkannya bertahan satu hingga dua minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Itupun jika disimpan di lemari es. Perhatikan jamur atau tekstur yang renyah dan basi. Mereka bisa bertahan hingga 6 bulan di freezer, dengan metode penyimpanan makanan yang dipanggang.

Beras & Pasta Kering

Pasta kering bisa bertahan selama satu sampai dua tahun sedangkan nasi kering bagus untuk empat sampai lima tahun.

Bumbu

Selama disimpan dengan benar, banyak bumbu bisa bertahan enam bulan hingga satu tahun, yang biasanya lebih lama dari tanggal kedaluwarsa. Contoh spesifiknya termasuk mentega, saus tomat, saus barbekyu, mayones, dan cuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement