Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Benarkah Islam Agama yang Damai? Begini Penegasan Alquran

Kamis 29 Oct 2020 17:12 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran menjelaskan prinsip-prinsip Islam sebagai agama damai. Allah/Ilustrasi

Alquran menjelaskan prinsip-prinsip Islam sebagai agama damai.

Islam tidak hanya ingin hubungan antar-Muslim menjadi damai, ia ingin hubungan dengan non-Muslim juga damai: 

 وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ “Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS al-Anfal [8]: 61).

Tetapi kita harus berhati-hati bahwa keinginan musuh untuk perdamaian bukanlah tipuan militer atau politik, dan murni mistifikasi: 

وَإِنْ يُرِيدُوا أَنْ يَخْدَعُوكَ فَإِنَّ حَسْبَكَ اللَّهُ ۚ هُوَ الَّذِي أَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ وَبِالْمُؤْمِنِينَ “Dan jika mereka bermaksud menipumu, maka sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi pelindungmu). Dialah yang memperkuatmu dengan pertolongan-Nya dan dengan para mukmin.”  (QS al-Anfal [8]: 62). 

Sementara menganggap perdamaian sangat penting, Islam ingin Muslim waspada dan siap. Ia ingin mereka menjadi begitu kuat sehingga tidak ada seorang pun, di antara musuh yang dideklarasikan atau rahasia mereka, yang berani berpikir untuk melakukan segala jenis agresi terhadap mereka:

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ 

" Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu ." (QS al-Anfal [8]: 60),

Harus diingat bahwa kata 'kekuatan' yang digunakan dalam ayat ini juga mencakup semua jenis kekuatan industri. Karena perkembangan industri adalah proses yang konstan, kewajiban agama semua Muslim adalah memperoleh industri modern dan teknologi modern, bukan untuk menyerang orang lain, tetapi untuk melawan agresi yang dilakukan terhadap mereka karena kelemahan mereka.

Untuk mempersiapkan massa Muslim berpartisipasi dalam jihad untuk memperoleh kemerdekaan atau mempertahankan keberadaan mereka, program efektif berkuda dan panahan diperkenalkan. 

Umat Islam didorong untuk mengambil bagian dalam kompetisi ini. Untuk membangkitkan minat para pemuda dalam perlombaan ini, hadiah yang sesuai diberikan kepada para pemenang. Ide di balik semua ini adalah membuat umat Islam cocok untuk berperang.

Jelas bahwa pacuan kuda dan panahan dipilih untuk tujuan ini, dengan mempertimbangkan kondisi saat itu. Semangat umum dari ajaran Islam ini adalah bahwa setiap Muslim harus mengambil bagian, sesuai dengan taktik pada masanya, dalam program pelatihan umum untuk persiapan jihad.

Singkatnya, setiap Muslim harus kuat dan mampu mempertahankan diri, ideologi dan negaranya, sehingga tidak ada penyerang yang dapat menginjak-injaknya.

Menurut praktik ketuhanan yang kekal, sebuah bangsa yang tidak bersedia berkorban untuk membela hukum dan keadilan, dan yang tidak melindungi hak-haknya dan keberadaannya sendiri, akan ditakdirkan untuk dihina dan dirusak.

 

Sumber: https://www.eurasiareview.com/28102020-islam-is-a-religion-of-peace-and-tolerance-analysis/  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA