Kamis 29 Oct 2020 10:30 WIB

Ekonomi Syariah Indonesia Punya 2 Potensi Besar

Potensi ekonomi syariah di Indonesia sangat besar.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Elba Damhuri
Wakil Presiden KH Maruf Amin
Foto: dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden KH Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Potensi ekonomi syariah di Indonesia sangat besar. Salah satu faktornya terkait dengan jumlah Muslim yang besar dan sebagian berasal dari kelas menengah. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi yang besar di Indonesia. Ia mengatakan, sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, masyarakat Muslim Indonesia merupakan bagian dari kelas menengah yang perkembangan kemampuan ekonominya sangat cepat dan dinamis.

Baca Juga

"Kebutuhan akan produk halal merupakan bagian dari gaya hidup kelas menengah Muslim yang dinamis tadi," ujar KH Ma'ruf saat acara Web-Seminar nbertajuk Sharia Economy Gaining Momentum in Indonesia’s Economy Recover secara virtual, Rabu (28/10).

Ma'ruf mengungkap, jumlah kelas menengah muslim Indonesia tahun 2020 menurut Boston Consulting Group (BCG) sebanyak 64,5 juta atau 27,5 persen dari 233 juta penduduk Muslim Indonesia. Mereka kata Ma'ruf, membutuhkan pilihan produk, jasa, dan keuangan yang sesuai dengan prinsip yang dianutnya," katanya.

 

Karena itu, ekonomi syariah memiliki potensi besar dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Belum lagi ditambah dengan potensi umat muslim seluruh dunia yang mencapai 1,8 miliar atau mencapai 24,1 persen dari total penduduk dunia.  

Namun demikian, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah masih jauh dibandingkan dengan potensinya. Karena itu, pemerintah fokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di 4 sektor yakni Pengembangan Industri Produk Halal, Pengembangan Industri Keuangan Syariah, Pengembangan Dana Sosial Syariah, dan Pengembangan dan Perluasan Kegiatan Usaha Syariah.

"Oleh karena itu, kita harus mendorong agar ekonomi dan keuangan syariah dapat terus berkembang dan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

BACA JUGA: Keren! BNI Syariah Siap Biayai 1.000 Anak Muda Magang di Luar Negeri

BACA JUGA: OJK Pastikan Rasio Kecukupan Modal Bank Masih Bagus

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement