Kamis 29 Oct 2020 08:33 WIB

Presiden Macron Hidupkan Kembali Wacana Konflik Agama

Macron menyiratkan bahwa Islam lebih sakit dan disfungsional daripada agama lain

Seorang pengunjuk rasa Arab Israel memegang foto Presiden Prancis Emmanuel Macron yang rusak, selama demonstrasi kecil memprotes karikatur yang diterbitkan dari Nabi Muhammad yang dianggap menghina dan menghujat, di Hura, sebuah desa Badui di gurun Negev, Israel, Senin, 26 Oktober 2020 .
Foto: AP/Sebastian Scheiner
Seorang pengunjuk rasa Arab Israel memegang foto Presiden Prancis Emmanuel Macron yang rusak, selama demonstrasi kecil memprotes karikatur yang diterbitkan dari Nabi Muhammad yang dianggap menghina dan menghujat, di Hura, sebuah desa Badui di gurun Negev, Israel, Senin, 26 Oktober 2020 .

IHRAM.CO.ID, Meski Imam Prancis dalam pernyataan terkesan mendukung sikap Presiden Macron soal kebebasan di Prancis, tetapi seruan untuk memboikot barang-barang Prancis semakin populer di negara-negara berpenduduk Muslim.

Mahasiswa Iran berdemonstrasi di luar kedutaan Prancis di Teheran pada hari Rabu lalu. Di Baghdad, puluhan orang melakukan protes pada hari Senin di luar kedutaan Prancis setelah sebuah faksi pro-Iran meminta warga Irak untuk melakukannya.

Baca Juga

Seperti dilaporkan Jerusalem Post, di Tunisia, Suriah, Yaman, Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem sepanjang hari Ahad dan Senin muncul protesn untuk mengecam apa yang digambarkan sebagai pelanggaran Macron terhadap Islam dan nabinya. Para pengunjuk rasa meneriakkan dukungan kepada Nabi Muhammad, mengangkat spanduk bertuliskan slogan-slogan menentang Prancis dan membakar gambar Macron.

Pemimpin Prancis, berbicara pada acara peringatan di depan peti mati Samuel Paty di Paris minggu lalu, mengatakan, "Guru sekolah menengah, yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad SAW kepada siswa selama pelajaran tentang kebebasan berekspresi, dibunuh karena Islamis menginginkan kita masa depan." Dia menambahkan, bagaimanapun, bahwa Prancis "tidak akan melepaskan kartun kami".

 

French President Emmanuel Macron arrives to visit the scene of a stabbing attack in the Paris suburb of Conflans St Honorine, France, October 16, 2020. (photo credit: REUTERS)

  • Keterangam foto: Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba untuk mengunjungi lokasi serangan penikaman di Conflans St Honorine pinggiran Paris, Prancis, 16 Oktober 2020.

Paty dipenggal di Paris pada 16 Oktober.

Macron mengatakan Prancis tidak akan meninggalkan prinsip kebebasan untuk menerbitkan kartun. Awal bulan ini, sebelum Paty terbunuh, dia mengumumkan rencana untuk undang-undang yang lebih keras untuk menangani apa yang dia sebut "separatisme Islam" di negara itu.

 

Antoine Michon, presiden Sine Qua Non, sebuah wadah pemikir yang mengadvokasi “kebijakan luar negeri Eropa yang koheren di Timur Tengah dan Afrika Utara,” mengatakan Macron telah menggunakan retorika yang sama selama bertahun-tahun ketika berbicara tentang perang di Suriah, Libya atau Wilayah Sahel.

Di satu sisi, dia mengatakan kepada The Media Line, Anda memiliki Islamis radikal dan jihadis, dan di sisi lain, Muslim “moderat”. “Macron memiliki kesalahpahaman yang mendalam tentang Islam, dan kisi analisis yang dia gunakan adalah biner,” kata Michon.

"Ini adalah tentang 'separatisme': menerjemahkan konflik yang lebih luas yang dia lihat di seluruh dunia, yang Macron gunakan untuk membenarkan kebijakan luar negerinya menjadi retorika yang akan menarik sejarah republik Prancis," katanya.

Michon menambahkan bahwa dalam pandangan Macron, dengan cara inilah dia dapat menghindari diskriminasi terhadap sebagian besar Muslim Prancis, yang bukan musuh negara.

"Opini publik Prancis sangat terkejut dengan pemenggalan itu, dan banyak yang menyerukan 'tindakan'. Macron juga memikirkan pemilu 2022, karena ketidakpuasan saat ini berkembang terkait pengelolaan pandemi," lanjutnya.

 

"Strateginya untuk pemilu 2022 adalah pergi dan mendapatkan suara di sayap kanannya, karena dia jelas telah kehilangan pemilih kiri-tengah selama beberapa tahun terakhir karena berbagai masalah," katanya. "Akibatnya, dia tidak bisa tampil lemah dalam masalah terorisme, dan untuk alasan ini dia merasa perlu mengubah retorikanya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement