Kamis 29 Oct 2020 05:00 WIB

Alumni Universitas Al-Azhar Diharapkan Sebarkan Moderasi

Universitas Al-Azhar menjadi kiblatg Islam Wasathiyah.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil
Alumni Universitas Al-Azhar Diharapkan Sebarkan Moderasi . Foto: Universitas Al Azhar Mesir
Foto: google.com
Alumni Universitas Al-Azhar Diharapkan Sebarkan Moderasi . Foto: Universitas Al Azhar Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KBRI Kairo bersama Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir menyelenggarakan wisuda dan apresiasi prestasi bagi 170 lulusan Universitas Al-azhar. Di dalam acara tersebut, para lulusan dipesankan agar terus menjaga dan menyebarkan moderasi beragama (manhaj wasathiyah) sebagai pilar untuk mengokohkan bangsa Indonesia.

"Sudah bertambah lagi Duta Al-azhar yang siap terjun membina umat, membawa solusi-solusi segar dan bermanfaat, yang dapat memberikan kebaikan bagi bangsa dan agama," kata Kepala Perwakilan RI Cairo/KUAI, M. Aji Surya, dalam keterangannya, Rabu (28/10).

Baca Juga

Sementara itu, Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi yang juga memberikan sambutannya berpesan agar para alumni menjadi cermin sebagai membawa ajaran Islam yang ramah dan rahmatan lilalamin. Tentunya, menurut Zainut, pembawa ajaran Islam yang ramah ini tidak hanya untuk Indonesia namun juga dunia.

"Universitas Al-azhar menjadi kiblat Islam wasathiyah, yaitu agama yang dilandasi nilai-nilai tawasuth, tawazum, i'tidal dan tasamuh, yang selaras dengan prinsip moderasi beragama yang kini terus dikampanyekan oleh Kementerian Agama," kata dia.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Bambang Suryadi mengatakan, dari segi prestasi dan capaian akademik, dari 170 orang lulusan Al-Azhar tersebut terdapat satu orang Mumtaz Ma’a Martabati Syaraf Ula. Sementara itu, sembilan orang Mumtaz, 10 orang Jayyid Jiddan Ma’a Martabati Syaraf, 41 orang Jayyid Jiddan, 79 orang Jayyid, dan 30 orang Maqbul dan Tasfiyah.  

Bambang mengatakan, para lulusan berprestasi tersebut akan mendapatkan hadiah laptop serta uang pembinaan bagi 20 orang. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada donatur dan Ketua OIAA Cabang Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement