Kamis 29 Oct 2020 00:44 WIB

Vaksin Flu dapat Kurangi Risiko Covid-19

Vaksin flu memacu tubuh menghasilkan molekul pelawan infeksi yang luas.

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Vaksin influenza. Vaksin flu dinilai mampu mengurangi risiko Covid-19.
Foto: Flickr
Vaksin influenza. Vaksin flu dinilai mampu mengurangi risiko Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) mendesak semua orang di negara itu untuk mendapatkan vaksin (suntikan) flu pada tahun ini. Tindakan ini dinilai dapat menggagalkan potensi twindemic pada musim dingin, di mana influenza bersama dengan infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) menjadi ancaman.

Selain itu, studi baru juga menunjukkan bahwa ada alasan utama lain untuk mendapatkan suntikan flu tahun ini. Dilansir Scientific American, ini mungkin mengurangi risiko Covid-19 secara signifikan. Penelitian, yang dirilis sebagai pracetak yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menunjukkan bahwa vaksin flu melawan virus influenza juga dapat memicu tubuh untuk menghasilkan molekul pelawan infeksi yang luas.

Baca Juga

Makalah ini sejalan dengan beberapa penelitian terbaru lainnya yang diterbitkan dalam jurnal peer-review yang menunjukkan efek serupa. Namun, para peneliti mengingatkan bahwa penelitian ini masih pendahuluan dan perlu didukung oleh eksperimen yang lebih ketat.

Dalam studi baru, Mihai Netea, ahli imunologi penyakit menular di Radboud University Medical Center di Belanda dan rekan-rekannya menyisir database rumah sakit untuk melihat apakah karyawan yang mendapat vaksinasi flu selama musim 2019-2020 lebih atau kurang cenderung untuk terinfeksi oleh virus corona jenis baru (SARS-CoV-2).

 

Para peneliti menemukan, pekerja yang menerima vaksin flu, 39 persen lebih kecil kemungkinannya untuk dites positif virus corona pada 1 Juni 2020. Sementara 2,23 persen karyawan yang tidak divaksinasi dinyatakan positif, hanya 1,33 persen yang divaksinasi.

Netea dan timnya mengunggah temuan di server pracetak MedRxiv pada 16 Oktober. Namun, hasil studi ini tidak membuktikan bahwa vaksin flu mencegah Covid-19. “Ini adalah studi yang menarik, tetapi tidak memberikan bukti pasti,” ujar Ellen Foxman, ahli imunobiologi dan ahli patologi klinis di Yale School of Medicine.

Mungkin ada penjelasan lain untuk asosiasi yang ditemukan para ilmuwan Radboud dan rekan mereka. Misalnya, orang yang memilih untuk menerima suntikan flu mungkin lebih sadar kesehatan dan lebih cenderung mengikuti pedoman pencegahan Covid-19 daripada orang yang tidak divaksinasi. Netea setuju, dengan mencatat bahwa perilaku secara keseluruhan, daripada tembakan, mungkin membuat orang-orang di kelompok sebelumnya cenderung tidak jatuh sakit dalam studinya.

Studi seperti ini yang menemukan korelasi antara perilaku dan hasil tidak dapat menetapkan sebab dan akibat. Menentukan apakah suntikan flu benar-benar mencegah Covid-19 membutuhkan uji klinis besar pada tingkat populasi umum.

Maziar Divangahi, ahli imunologi paru di Institut Penelitian Pusat Kesehatan Universitas McGill. Netea mengakui hal ini tetapi menunjukkan bahwa uji klinis semacam itu akan memerlukan kelompok subjek kontrol yang dipilih secara acak untuk tidak mendapat suntikan flu, yang mana itu tidak etis.

Netea dan timnya juga melakukan eksperimen laboratorium yang menyarankan bagaimana suntikan flu dapat mencegah infeksi virus corona jenis baru. Pertama, mereka memurnikan sel darah yang diambil dari individu yang sehat.

Kemudian, tim peneliti memaparkan beberapa sel ke vaksin flu Vaxigrip Tetra, yang dibuat oleh Sanofi Pasteur dan membiarkan sel-sel tersebut tumbuh selama enam hari. Setelah itu, para peneliti memaparkan sel tersebut ke SARS-CoV-2 dan menganalisisnya satu hari kemudian.

Sel-sel yang pertama kali dipasangi vaksin flu menghasilkan lebih dari beberapa jenis molekul kekebalan yang melawan virus, yang dikenal sebagai sitokin, dibandingkan yang tidak terpapar vaksin. Sitokin yang diproduksi di awal proses infeksi sangat membantu, yang menurut Divangahi dapat menyingkirkan patogen, membuat infeksi berdampak lebih ringan.

Mungkin tampak tidak masuk akal bahwa vaksin yang dirancang untuk melindungi dari satu infeksi juga dapat melindungi dari infeksi lain. Namun, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hal ini pada kenyataannya terjadi melalui proses yang disebut imunitas bawaan terlatih.

Vaksin diketahui bekerja dengan menstimulasi sistem kekebalan adaptif, menyebabkan tubuh membuat antibodi yang dapat mengenali dan menyerang patogen tertentu jika ditemukan kembali. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa vaksin juga melatih sistem kekebalan bawaan tubuh yang bekerja lebih cepat dan kurang spesifik, meningkatkan kemampuannya untuk melawan berbagai jenis infeksi.

Vaksin tampaknya mencapai prestasi ini dengan memprogram ulang sel punca yang memunculkan sel yang terlibat dalam respons imun bawaan awal ini. Ada bukti dari literatur bahwa kekebalan terlatih memang ada dan dapat menawarkan perlindungan yang luas, dengan cara yang tidak terduga, terhadap patogen lain selain dari apa yang dirancang untuk melawan vaksin.

Meskipun hasilnya secara keseluruhan beragam, penelitian terbaru lainnya telah mengaitkan vaksin flu serta vaksin lain dengan risiko Covid-19 yang lebih rendah. Dalam dua makalah, satu yang diterbitkan dalam jurnal Vaccines pada September dan yang lainnya di Journal of Medical Virology pada Juni, para peneliti menemukan bahwa tingkat Covid-19 lebih rendah di wilayah Italia di mana persentase orang dewasa berusia 65 ke atas telah menerima vaksin flu.

Dalam makalah pracetak yang dirilis pada Juli, para peneliti di Mayo Clinic dan referensi perusahaan komputasi biomedis menemukan bahwa orang dewasa yang telah menerima vaksin flu, polio, cacar air, campak-gondok-rubella (MMR), Haemophilus influenzae tipe B (Hib ), hepatitis A atau B, atau penyakit pneumokokus selama lima tahun terakhir lebih kecil kemungkinannya untuk dites positif Covid-19 dibandingkan orang yang tidak menerima satupun dari mereka.

Saat ini, puluhan uji klinis di seluruh dunia sedang dilakukan untuk menentukan apakah vaksin bacillus Calmette-Guérin (BCG) melawan tuberkulosis dapat melindungi dari COVID-19. BCG telah dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi dan kematian anak secara keseluruhan bahkan ketika tuberkulosis tidak menyebar di wilayah tertentu.

Dalam studi baru Netea dan timnya memaparkan subset sel kekebalan ke vaksin BCG sebelum vaksin flu. Mereka menemukan bahwa paparan kedua vaksin meningkatkan produksi sitokin lebih banyak daripada vaksin flu saja.

Netea mengatakan ia berencana untuk merancang studi tambahan untuk mengetahui efek vaksin flu pada risiko Covid-19, termasuk di antara orang dewasa yang lebih tua. Untuk saat ini, masih ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

“Sejauh memberi tahu orang-orang, bahwa Anda harus pergi mendapatkan vaksin flu karena dapat melindungi Anda dari Covid-19  itu agak sulit pada saat ini. Tetapi, ia menambahkan, orang-orang harus tetap mendapatkan vaksinasi flu karena, paling tidak, itu akan melindungi Anda dari flu,”  jelas Foxman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement