Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Nama Kobe dan Gianna Populer untuk Bayi Sepanjang 2020

Rabu 28 Oct 2020 14:22 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini

Pemain basket LA Lakers, Kobe Bryant, memeluk putrinya Gianna, dalam sebuah dokumen foto tahun 2016. Kecelakaan helikopter Senin pagi (27/1) waktu Indonesia menewaskan Kobe dan putrinya.

Pemain basket LA Lakers, Kobe Bryant, memeluk putrinya Gianna, dalam sebuah dokumen foto tahun 2016. Kecelakaan helikopter Senin pagi (27/1) waktu Indonesia menewaskan Kobe dan putrinya.

Foto: AP
Penggemar pemain basket Kobe Bryant dan putrinya Gianna mengabadikan nama mereka

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Januari 2020 silam, pemain basket profesional Amerika Serikat Kobe Bryant dan putrinya Gianna yang masih berusia 13 tahun meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan helikopter. Kabar duka tersebut membuat dunia merasa sangat kehilangan.

Sebagian penggemar agaknya terinspirasi untuk mengabadikan nama kedua sosok tersebut. Berdasarkan daftar 100 nama bayi terpopuler 2020 rilisan BabyCenter pekan ini, ada banyak orang tua baru yang memberikan nama Kobe dan Gianna untuk bayi mereka. 

Popularitas nama Kobe melonjak sebesar 175 persen, sementara nama Gianna mencatat kenaikan popularitas sebesar 216 persen. Perwakilan BabyCenter Linda Murray mengatakan, 2020 adalah tahun yang emosional bagi banyak keluarga di dunia. 

Baca Juga

"Tahun ini penuh dengan stres, kehilangan, dan ketidakpastian. Pada saat seperti ini, orang tua mencari penghiburan dengan menamai anak dari sosok orang yang mereka kagumi, termasuk yang sudah berpulang. Kami memprediksi tren ini berlanjut sampai 2021," ujarnya. 

Nama yang diambil dari figur politik terkemuka juga menguat. Berkat kandidat calon wakil presiden Amerika Serikat Kamala Harris, jumlah orang tua yang menamai anak mereka Kamala melonjak 104 persen sejak 2019. Selain nama populer, ada nama yang kurang diminati. 

Nama Donald saat ini ada di posisi 981, popularitasnya merosot jauh sejak 2019. Begitu pula nama Karen dan Chad yang kini merosot 13 persen dan 12 persen. Nama itu banyak dihindari orang tua karena dianggap melekat pada sikap yang kasar dan kurang pantas. 

Secara keseluruhan, nama terpopuler untuk anak perempuan adalah Sophia, yang belum berubah sejak 2010. Deretan nama lima besar lain yakni Olivia, Riley, Emma, dan Ava. Untuk nama anak laki-laki, Liam juaranya sejak tahun lalu, menyusul Noah, Jackson, Aiden, dan Elijah. 

BabyCenter membuat daftar 100 nama bayi terpopuler itu berdasarkan 500 ribu nama bayi yang lahir sepanjang 2020 dari orang tua yang teregistrasi pada situs. BabyCenter mengombinasikan pula nama yang serupa tapi berbeda ejaan, dikutip dari laman Independent. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA