Rabu 28 Oct 2020 13:57 WIB

Turki Kecam Charlie Hebdo karena Targetkan Erdogan

Turki menentang setiap tindak kekerasan dan terorisme tehadap warga sipil.

Red: Nur Aini
Turki pada Selasa (27/10) mengecam majalah mingguan Prancis Charlie Hebdo
Turki pada Selasa (27/10) mengecam majalah mingguan Prancis Charlie Hebdo

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki pada Selasa (27/10) mengecam majalah mingguan Prancis Charlie Hebdo karena menerbitkan karikatur kontroversial yang dianggap menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga

"Charlie Hebdo baru saja menerbitkan rentetan kartun yang mengolok-olok presiden kami. Kami mengutuk upaya mereka dalam menyebarkan rasisme dan kebencian," kata juru bicara kepresidenan Fahrettin Altun lewat Twitter.

"Yang mereka sebut sebagai seni karikatur itu menjijikkan. Ini jelas merupakan produk dari xenofobia, Islamofobia, dan sikap intoleran yang tampaknya diinginkan oleh kepemimpinan Prancis untuk negaranya," ujarnya.

Jubir itu juga menekankan bahwa Turki menentang setiap tindak kekerasan dan terorisme tehadap warga sipil dan Turki tidak akan tinggal diam dalam menghadapi serangan semacam ini.

"Hasutan rasis, xenofobia, Islamofobia, dan anti-Semit tidak akan memprovokasi kami untuk merespons dengan cara yang sama. Kami menolak tunduk pada intimidasi dan provokasi Anda," kata Altun.

"Kami menyerukan kepada semua teman Eropa yang berakal sehat untuk melawan budaya primitif, rasisme, kemandulan intelektual, dan wacana tidak beradab," ujarnya.

Ibrahim Kalin, juru bicara kepresidenan Turki,mengatakan bahwa menyerang hak individu bukanlah kebebasan berbicara. "Tujuan dari publikasi ini adalah untuk menabur benih kebencian dan permusuhan," cuit dia.

Menurut Kalin, setiap orang yang berakal sehat sudah seharusnya mengutuk tindakan ini.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-kecam-charlie-hebdo-karena-targetkan-erdogan/2021604
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement