Rabu 28 Oct 2020 05:15 WIB

Tak Ada Daging Halal, Kelompok Keluarga Muslim Ini Pindah

Eropa sebetulnya oke bagi Muslim dalam menyediakan tempat ibadah dan makanan halal

Rep: Andrian Saputra/ Red: Elba Damhuri
Daging halal di gerai toko daging di Prancis.
Foto: DIni Kusmana Massabuau
Daging halal di gerai toko daging di Prancis.

IHRAM.CO.ID, EDINBURGH -- Eropa sebetulnya sudah cukup bersahabat bagi Muslim dalam menyediakan tempat ibadah, pendidikan, dan makanan halal. Di banyak kota-kota besar dan kecil di Eropa selalu tersedia makanan halal atau setidaknya vegetable for vegetarian. 

Namun, rupanya masih ada kota yang belum sanggup menyediakan kebutuhan umat Islam ini secara rutin. Hal ini terjadi di wilayah Inverclyde, Skotlandia, di mana kaum imigran Muslim tinggal di sana.

Sebanyak 18 keluarga Muslim Afghanistan yang mendiami wilayah Inverclyde terpaksa harus pindah tempat tinggal. Alasannya, karena kurangnya fasilitas beribadah yakni masjid dan tidak adanya guru pendidikan agama bagi mereka di wilayah itu.

Bahkan, menurut laporan, para keluarga Muslim Afghanistan itu terpaksa pindah lantaran sulitnya mengakses daging halal yang terjangkau. Alasan lain kepindahan mereka adalah karena ingin tinggal lebih dekat dengan komunitas Afghanistan lainnya yang lebih besar serta agar lebih dekat dengan teman, keluarga serta tempat kerja.

Wilayah Inverclyde telah menjadi tempat tinggal bagi keluarga-keluarga Afghanistan dan Suriah sejak 2015. Dewan setempat mengatakan wilayah itu telah berhasil menyediakan pemukiman bagi pengungsi Suriah sehingga menarik lebih banyak orang datang ke wilayah itu. Dewan setempat merekomendasikan Inverclyde terus beradaptasi dalam skema pemukiman. 

Dewan mengatakan bahwa para keluarga Afghanistan meninggalkan wilayah itu tak ada kaitannya dengan pengalaman mereka tinggal di Inverclyde sebelumnya.

"Kelompok Migrasi Inverclyde, yang dibentuk ketika dewan setuju untuk menerima Pengungsi Afghanistan di bawah Skema Relokasi Staf yang Terlibat Secara Lokal Afghanistan, akan terus bertemu selama program dan menangani masalah yang berkaitan dengan tanggapan dan keterlibatan masyarakat, pemantauan permintaan bersama dengan kelangsungan hidup dalam hal ketersediaan perumahan sosial, tempat sekolah, dampak pada layanan kesehatan, untuk mempertimbangkan implikasi sumber daya untuk mendukung pengembangan arah strategis masa depan layanan," kata Dewan setempat.

Total ada 55 keluarga pengungsi yang telah bermukim kembali di Inverclyde dan sementara keluarga Afghanistan telah pergi, sedang tidak ada keluarga Suriah yang bertanya tentang kepergian tersebut.

Warga Suriah dari bagian lain Skotlandia dan Inggris, serta Eropa, telah datang dan menetap di Inverclyde, sebagian karena hubungan keluarga tetapi ada juga karena kualitas dukungan dan layanan.

“Saat ini ada 35 keluarga dan individu yang tiba di bawah tiga skema Pemerintah yang rinci sebelumnya; ini terdiri dari 64 orang dewasa dan 60 anak-anak. Kedatangan dua keluarga baru ini masing-masing akan memakan waktu hingga 70 dan 65. Selain itu, kami memberikan nasihat, bimbingan, dan bantuan kepada dua keluarga yang telah tiba dari Otoritas Lokal Skotlandia lainnya dan empat individu lainnya," kata Dewan setempat.

Tim integrasi pengungsi Skotlandia Baru dari Inverclyde Health and Social Care Partnership mengkoordinasikan semua dukungan bagi keluarga untuk memungkinkan mereka membangun kehidupan baru di Inverclyde dari titik mereka tiba di Bandara Glasgow.

Pengungsi kini menjadi masalah serius di Eropa dan Asia di mana banyak orang dari Timur Tengah meninggalkan negara mereka. Konflik kekerasan tanpa ujung menjadi sebab utama derasnya gelombang pengungsian manusia ini.

Sumber: https://www.asianimage.co.uk/news/18811361.afghan-refugee-families-left-inverclyde---not-mosque/

BACA JUGA:  McGregor dan Ronaldo Sanjung Khabib Nurmagomedov

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement