Selasa 27 Oct 2020 07:40 WIB

Dinkes Bandung Siapkan Rapid Test di Dua Terminal

Rapid test di terminal disiapkan menyambut libur panjang akhir Oktober

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Christiyaningsih
Rapid test di terminal disiapkan menyambut libur panjang akhir Oktober. Ilustrasi.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Rapid test di terminal disiapkan menyambut libur panjang akhir Oktober. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung akan menyiapkan rapid test di dua terminal yaitu Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang. Rapid test di dua terminal itu akan dilakukan saat libur panjang akhir Oktober hingga awal November. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan tim gugus tugas penanganan Covid-19 bidang operasi telah melaksanakan rapat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona saat libur panjang. Salah satunya adalah bidang operasi yang di dalamnya Dinas Perhubungan akan melakukan pemeriksaan protokol kesehatan di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

Baca Juga

"Dishub merencanakan menyiapkan tempat khusus pemeriksaan (protokol kesehatan) untuk transportasi di terminal Cicaheum dan Leuwipanjang," ujarnya, Selasa (27/10).

Menurutnya, jika saat pemeriksaan didapati penumpang dengan suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius maka akan dilakukan rapid test. Rita mengatakan pelaksanaan rapid test akan dilakukan oleh petugas kesehatan dari puskesmas terdekat.

"Alat rapid test-nya disiapkan, kami memasoknya ke puskesmas, puskesmas yang melaksanakan itu semua," katanya.

Dishub juga akan melakukan pemantauan di gerbang masuk tol di Kota Bandung dan termasuk di wilayah perbatasan seperti di Pasteur, Bundaran Cibiru, dan Cicaheum. Selain itu buka tutup jalan masih berlaku di sejumlah ruas jalan yang memiliki potensi keramaian cukup tinggi.

"Tentunya mereka tenaga ini (petugas) sudah dipersiapkan sepanjang lima hari ke depan sampai dibagi beberapa shift," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement