Ahad 25 Oct 2020 18:28 WIB

Bamsoet Minta Masyarakat Sabar Soal Vaksin Covid-19

Pemerintah juga harus hati-hati dalam mengeluarkan kebijakan soal vaksin.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Foto: istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta masyarakat bersabar dalam menunggu vaksin Covid-19. Ia mengingatkan, riset soal vaksin sedang berjalan.

Selain itu, pemerintah juga harus hati-hati dalam mengeluarkan kebijakan soal vaksin. "Jadi memang kita mesti bersabar, beberapa negara juga mengharap Vaksinasi sampai betul-betul dipastikan kalau vaksin Covid-19 ini betul betul aman," kata pria yang kerap disapa Bamsoet itu usai membagikan hadiah pada para pengikut medsosnya di Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (25/10).

Baca Juga

Bamsoet mengatakan, sampai saat ini proses penelitian terkait baksin Covid-19 masih berlangsung di berbagai laboratorium. Dia mengatakan, nampaknya vaksin Covid-19 akan keluar dalam waktu yang lebih lama sehingga dapat digunakan.

"Kita tidak ingin vaksin ini digampangkan. Presiden sudah mengatakan juga agar hati-hati," ujar dia.

Selagi menunggu vaksin, lanjut Bamsoet, masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan secara lengkap, seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakai masker. Cara tersebut, kata dia, adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah Covid-19.

"Pada intinya apa yang diombau pemerintah 3 M, ya, jalankan saja, itu vaksin yang paling memungkinkan," ujar Bamsoet menegaskan.

Kementerian Kesehatan menyatakan kebutuhan vaksin untuk Indonesia sebanyak 370 juta dosis vaksin. Jumlah kebutuhan itu dihitung berdasarkan angka untuk mencapai kekebalan komunitas yakni cukup 70 persen penduduk Indonesia yakni sekira 160 juta orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement