Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Siswa Kharisma Bangsa Borong Medali Kompetisi Internasional

Ahad 25 Oct 2020 10:50 WIB

Red: Fernan Rahadi

Sekolah Kharisma Bangsa

Sekolah Kharisma Bangsa

Foto: dok Kemdikbud
Dalam bidang olimpiade, Kharisma Bangsa memiliki program persiapan dan pelatihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak Maret 2020 mengharuskan semua aktivitas pembelajaran secara daring. Begitu pula halnya dengan kompetisi yang akhirnya dilakukan secara daring. 

Namun para siswa Kharisma Bangsa tetap bersemangat untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Siswa-siswa Kharisma Bangsa mampu menunjukkan prestasinya dalam ajang kompetisi Internasional yaitu International Mathematics Olympiad (IMO), Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics (GeCAA).

Siswa Kharisma Bangsa, Farrel Dwireswara Salim, yang saat ini berada di tahun akhir  pendidikan SMA berhasil memenangkan medali perunggu di ajang tahunan International Mathematics Olympiad 2020 (IMO 2020) dengan 616 peserta dari 105 negara. Ajang tahunan yang ke-61 ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2020 secara daring yang seharusnya dilaksanakan di Saint-Petersburg, Russia. 

Kemampuan Farrel dalam berkancah di dunia olimpiade internasional memang sudah tidak diragukan lagi. Sebelum meraih medali perunggu di IMO 2020, Farrel juga telah meraih Perunggu di RMM 2020 (Romania Master of Mathematics) dan juga meraih medali perunggu di International Math Olympiad ( IMO ) yang diadakan di United Kingdom pada tahun sebelumnya. Farrel Dwireswara bersama lima orang lainnya dari Tim Indonesia yang tergabung ke dalam Tim Olimpiade Matematika Indonesia (TOMI) berhasil meraih dua emas, dua perunggu, dan dua juara harapan.

Sementara itu, pada ajang Kompetisi Sains Nasional 2020 (KSN 2020) siswa Kharisma Bangsa berhasil membawa pulang lima medali. Medali itu terdiri dari satu medali emas di bidang Biologi (Muhammad Raja Dzulhijjah Jauhari), dua medali perak di bidang Kimia (Akbar Febri Wahyu Adrian) dan Matematika (Muhammad Rafi Adzikra ), dan dua medali perunggu di bidang Kimia (Nicholas Jimmy Alden) dan Matematika (Daffa Al Fathan Zaki ). 

Pada KSN 2020 tingkat dua siswa Kharisma Bangsa, Ahmad Fikri Azhari bidang Matematika dan Andias Alfitra Santoso dalam bidang IPA berhasil lolos dalam KSN provinsi dan akan mengikuti KSN tingkat nasional pada bulan November mendatang.

Sementara itu, dalam Kompetisi internasional lainnya yaitu Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics/IOAA 2020)  atau GeCAa (Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics), siswa Kharisma Bangsa, Mohammad Adhimas Rikat menjadi satu dari 10 siswa perwakilan dari Indonesia. Ia, yang bersaing dengan 279 siswa dari 40 negara, berhasil mempersembahkan medali perak untuk Indonesia.

Sekolah Kharisma Bangsa mendukung semua siswanya untuk berprestasi baik lokal, nasional maupun internasional. Dalam bidang olimpiade, Kharisma Bangsa memiliki program persiapan dan pelatihan melalui Tim Olimpiade Sains Kharisma Bangsa (TOSKA).

"Tim Olimpiade Sekolah Kharisma Bangsa (TOSKA) tidak pernah mengenal lelah untuk terus memberikan yang terbaik untuk nusa dan bangsa, terlebih lagi pada masa seperti ini dimana efektivitas pelatihan dan pengajaran terhadap tim olimpiade terus diuji," kata Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa, Imam Husnan Nugroho, dalam siaran persnya, Ahad (25/10).

"Kami merasa bangga akan pencapaian yang dicapai oleh siswa-siswa Kharisma Bangsa, selama pandemi ini, keterbatasan bukan menjadi alasan untuk tidak meraih prestasi. Terlebih lagi sekolah Kharisma Bangsa akan terus menjaga kualitas didik siswa siswi untuk turut berkontribusi dan berprestasi dalam kancah nasional dan internasional," katanya menambahkan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA