Sabtu 24 Oct 2020 21:59 WIB

Babak Pertama, Madrid Imbangi Barcelona 1-1

Dari segi catatan statistik, kedua tim memang sama-sama kuat.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain belia Barcelona Ansu Fati.
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Pemain belia Barcelona Ansu Fati.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Real Madrid mampu mengejutkan rival abadinya, Barcelona, pada babak pertama edisi perdana El Clasico musim ini, Sabtu (24/10) malam WIB. Los Blancos mampu unggul terlebih dahulu saat laga baru berjalan lima menit, meski tim tuan rumah mampu menyamakan kedudukan hanya berselang tiga menit dari gol Los Blancos tersebut.

Menerima lawatan Real Madrid di Stadion Camp Nou, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, tidak menyertakan Antoine Griezmann di starting line-up Blaugrana. Sedangkan dari kubu Los Blancos, pelatih Zinedine Zidane sudah bisa menurunkan Sergio Ramos di jantung pertahanan setelah sempat absen lantaran cedera di laga kontra Shakhtar Donetsk, tengah pekan ini.

Belum genap 10 menit berjalan, laga pada jornada keenam La Liga Spanyol itu sudah diwarnai dua gol. Real Madrid mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang Barcelona pada menit kelima. Federico Valverde, yang menerima umpan terobosan Karim Benzema dari tengah lapangan, merangsek ke jantung pertahanan tim tuan rumah.

Gelandang asal Uruguay itu langsung berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Neto. Valverde kemudian melepaskan tendangan keras ke arah kanan gawang Barca, tanpa bisa dihalau Neto. Namun, keunggulan tim asal ibu kota Spanyol itu hanya bertahan kurang dari tiga menit. Barcelona bisa menyamakan kedudukan via gol dari Ansu Fati.

Jordi Alba, yang lolos dari jebakan offside, melakukan penetrasi ke kotak penalti via sisi kanan pertahanan Madrid. Setelah berada di dalam kotak penalti Madrid, Alba langsung melepaskan umpan tarik yang disambar dengan begitu sempurna oleh Fati di depan mulut gawang Los Blancos.

Skor imbang, 1-1, saat laga baru berjalan 10 menit membuat kedua tim cenderung berhati-hati pada sepuluh menit laga berikutnya. Baik Barcelona dan Real Madrid tidak mau lagi kecolongan gol, sembari secara perlahan membongkar pertahanan lawan. Akhirnya, sebuah aksi individu dari Lionel Messi pada menit ke-23 kembali memanaskan laga.

Megabintang asal Argentina itu berhasil mengecoh Sergio Ramos di dalam kotak penalti dan langsung berhadapan dengan kiper Madrid, Thibaut Courtouis. Namun, Courtois sudah bisa membaca arah tendangan Messi dan menghalau bola hasil tendangan peraih enam gelar Ballon d'Or tersebut.

Hanya berselang satu menit dari peluang emas Messi, giliran Benzema yang mendapatkan kesempatan besar untuk membawa Los Blancos kembali unggul. Sayangnya, tendangan Benzema, usai menerima sodoran umpan dari Toni Kroos, masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Neto. Skor 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Dari segi catatan statistik, kedua tim memang sama-sama kuat. Dari segi tembakan, baik Real Madrid dan Barcelona sama-sama mencetak lima tembakan. Namun, Barcelona lebih unggul dengan empat tembakan tepat mengarah ke gawang, sedangkan Madrid hanya tiga. Kendati begitu, Madrid sedikit unggul dalam penguasaan bola, yang mencapai 55 persen.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-2-3-1)

Pelatih: Ronald Koeman

Kiper: Neto

Belakang: Alba, Lenglet, Pique, Dest

Tengah: De Jong, Busquets; Fati, Coutinho, Pedri

Depan: Messi

Real Madrid (4-3-3)

Pelatih: Zinedine Zidane

Kiper: Courtois

Belakang: Mendy, Ramos, Varane, Nacho

Tengah: Kroos, Casemiro, Valverde

Depan: Vicinius, Benzema, Asensio

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement