Sabtu 24 Oct 2020 15:17 WIB

27 Gempa Terjadi di Sumut dalam Sepekan

27 gempa terjadi di Sumut pada pekan ke empat Oktober.

27 gempa terjadi di Sumut pada pekan ke empat Oktober (Foto: ilustrasi gempa)
Foto: Pixabay
27 gempa terjadi di Sumut pada pekan ke empat Oktober (Foto: ilustrasi gempa)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Stasiun Geofisika Deli Serdang mencatat telah terjadi 27 gempa bumi di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sekitarnya dalam satu pekan. Gempa terjadi pada pekan keempat Oktober atau periode 16-22 Oktober 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Medan, Sabtu (24/10), menyebutkan, getaran gempa bumi itu dengan magnitudo bervariasi yakni terkecil 1,5 dan terbesar 5,2. Kedalaman gempa bumi berkisar antara 2 Km sampai dengan 48 Km, dengan pusat gempa berada di daratdan laut, yaitu 13 kejadian berpusat di darat, dan di laut berjumlah 14 kejadian.

Baca Juga

"Dari 27 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat dua kejadian gempa bumi yang dirasakan olehmasyarakat," katanya.

Ia mengatakan, guncangan gempa bumi dirasakan dengan magnitudo terbesar terjadi pada Senin (19/10)pukul 16:38:49 WIB, dengan parameter magnitudo 5.2. Episenter terletak pada koordinat 2,88 LU dan 96,23 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 kmarah Utara Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue-Aceh pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakanjenis dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (ThrustFault).

Guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Tapaktuan dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakannyata dalam rumah). Sedangkan di Banda Aceh dirasakan dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapaorang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement