Jumat 23 Oct 2020 19:14 WIB

Libur Panjang, PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api

KAI menambah 13 persen kapasitas tempat duduk selama libur panjang cuti bersama

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nur Aini
Calon penumpang memesan tiket kereta api (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Calon penumpang memesan tiket kereta api (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pada libur panjang cuti bersama Maulid Nabi pekan mendatang, PT KAI akan  menambah jumlah KA yang dioperasikan.

''PT KAI akan menambah KA dengan perkiraan tambahan tempat duduk sebanyak 13 persen dari kapasitas tempat duduk sebelumnya,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (23/10).

Baca Juga

Dia menyebutkan, jumlah KA penumpang KA yang dioperasikan saat ada sebanyak 448 KA. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur akhir pekan tersebut, PT KAI akan menambah menjadi 505 KA yang dioperasikan.

Dengan tambahan sebanyak 57 KA tersebut, akan ada tambahan tempat duduk sebanyak 25.982 tempat duduk. Dari semula tersedia 195.211 tempat duduk, bertambah menjadi 221.193 tempat duduk. ''KA tambahan ini akan dioperasikan mulai 27 Oktober hingga 1 November 2020,'' ujarnya.

Menurutnya, tambahan KA tersebut akan melayani berbagai relasi perjalanan yang sudah ada selama ini. ''Termasuk relasi yang melalui stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto,'' katanya.

Terkait persyaratan menggunakan jasa layanan KA, Supriyono menyatakan, ketentuan penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan oleh PT KAI. Hal itu antara lain, calon penumpang harus memiliki Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

Dia juga menyatakan, layanan rapid test di wilayah Daop 5 Purwokerto ada di tiga stasiun. Antara lain, di stasiun Purwokerto, Kroya, dan Kutoarjo. ''Silakan yang merencanakan perjalanan dengan KA, bisa melakukan rapid test di tiga stasiun tersebut,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement