Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Ini 4 Perusahaan Luar Negeri yang Bakal Pasok Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Jumat 23 Oct 2020 14:06 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ini 4 Perusahaan Luar Negeri yang Bakal Pasok Vaksin Covid-19 ke Indonesia. (FOTO: iStockPhoto/Manjurul)

Ini 4 Perusahaan Luar Negeri yang Bakal Pasok Vaksin Covid-19 ke Indonesia. (FOTO: iStockPhoto/Manjurul)

Ini 4 Perusahaan Luar Negeri yang Bakal Pasok Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Dunia tengah menantikan kapan vaksin Covid-19 yang aman dan terpercaya bisa didistribusikan untuk seluruh umat manusia. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih cukup mencekam di beberapa negara. Tak sedikit negara yang bahkan bersiap untuk gelombang kedua.

Di Indonesia sendiri, kasus Covid-19 masih belum menunjukkan angka yang baik yakni terus mengalami kenaikan hingga 4.000 kasus positif per hari. Meski demikian, Indonesia termasuk negara yang tengah menunggu kehadiran vaksin Covid-19 yang efektif. Beberapa di antaranya merupakan vaksin luar negeri yang direkomendasikan oleh WHO. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Siap-siap, Jerman Bakal Gelar Vaksinasi Covid-19 Sebelum 2021

1. Sinovac

Sinovac Biotech Ltd. merupakan perusahaan biofarmasi yang berfokus pada riset, pengembangan, pembuatan dan komersialisasi vaksin-vaksin. Salah satu vaksin yang tengah dikembangkan perusahaan asal China ini adalah vaksin Covid-19 yang tengah berada di fase uji tahap akhir.

2. Sinopharm/G42

Perusahaan biofarmasi asal China ini juga tengah mengembangkan vaksin Covid-19 yang memasuki tahap akhir. G42/Sinopharm melakukan uji klinis tahap ke-3 di China, Uni Emirat Arab (UEA), Peru, Moroko dan Argentina.

3. Cansino

CanSino Biologics adalah perusahaan vaksin China yang pengembangan vaksinnya termasuk direkomendasikan oleh WHo. Hingga saat ini, Cansino melakukan uji klinis tahap ke-3 di Tiongkok, Arab Saudi, Rusia dan Pakistan.

4. AstraZeneca

AstraZeneca adalah perusahaan farmasi yang merupakan hasil merger dari perusahaan Swedia Astra AB dan perusahaan Britania Zeneca Group. Perusahaan yang bermarkas di Inggris ini juga telah melakukan tahap akhir dari vaksin Covid-19. AstraZeneca merupakan salah satu vaksin yang didukung oleh miliarder Bill Gates.

Selain vaksin-vaksin luar negeri, Indonesia juga mengembangkan vaksin Merah Putih. Vaksin ini disebutkan akan melengkapi vaksin yang didatangkan dari luar negeri melalui kerja sama, yaitu dengan Sinovac dan G42 Sinopharm.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA