Jumat 23 Oct 2020 13:04 WIB

Aplikasi Musik Digital Bantu Promosikan Musisi Lokal

Aplikasi streaming musik sosial pertama terus memberdayakan musisi Indonesia.

Aplikasi Resso menawarkan musisi dan penggemar untuk bisa saling terhubung.
Foto: Dok
Aplikasi Resso menawarkan musisi dan penggemar untuk bisa saling terhubung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi industri musik di seluruh Indonesia. Resso, aplikasi streaming musik sosial pertama, terus memberdayakan dan mempromosikan musisi lokal melalui fitur dalam aplikasi dan program kolaboratif.

Oslo Ibrahim adalah musisi pendatang baru asal Kota Medan, Sumatra Utara yang terkenal dengan lagu-lagu pop soul atau R&B. Menurut Oslo, selama pandemi, tampaknya banyak musisi yang kehilangan cara untuk menjangkau para pendengar baru. "Namun, dengan hadirnya platform musik digital seperti Resso, hal ini sangat membantu para musisi untuk mempromosikan karya-karya terbaru kami selama pandemi," katanya dalam siaran di Jakarta, Jumat (23/10).

Musisi lain asal Medan, J Alfredo yang merupakan gitaris dan vokalis Pijar, menyampaikan, ia tidak memiliki banyak kesempatan untuk tampil karena pandemi. "Oleh karena itu, saya mencari cara untuk untuk dapat terhubung dengan penggemar dan mempromosikan musik saya melalui platform digital," katanya.

Menurut prediksi, pengguna streaming musik Indonesia diperkirakan akan mencapai 18,7 juta pada 2025. Hal tersebut membuka peluang yang tidak terbatas untuk menciptakan karya. Head of Music and Content Resso Indonesia, Christo Putra, menjelaskan, teknologi memungkinkan musisi untuk melampaui batas geografis.

"Musisi, di mana pun mereka berada, dapat mendistribusikan musik mereka melalui berbagai platform, termasuk platform streaming musik digital. Di Resso, kami berkomitmen untuk mendukung musisi lokal melalui berbagai fitur dan program kolaboratif," katanya.

Selain program kolaboratif, Resso menawarkan musisi dan penggemar untuk terhubung, dan mempromosikan lagu mereka melalui beragam fitur yang berbeda. Pertama, Comment, menjadi fitur bagi penggemar dan artis musik dapat berdiskusi. Fitur terobosan yang hadir di Resso, yang memungkinkan penggemar dan artis lebih dekat dari sebelumnya.

Kedua, Lyric Quotes yang berisi lebih dari sekadar lirik yang tampil di layar ketika aplikasi dibuka atau ketika layar dikunci. Dengan fitur Lyric Quoets, menurut Christo, penggemar dapat mengekspresikan dirinya dengan membagikan bagian lirik yang diinginkan ke media sosial. Penggemar juga memungkinkan untuk menyesuaikan latar belakang sesuai dengan keinginan mereka.

"Dengan menampilkan musisi yang menyanyikan lagu tersebut melalui lirik yang di unggah di media sosial, hal tersebut merupakan salah satu cara unik penggemar untuk mendukung dan mempromosikan musisi favorit mereka," katanya.

Resso dapat diunduh secara gratis melalui Apple App Store dan Google Play Store. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Resso dan program-program menariknya, ikuti di Instagram resmi @Ressoidn, Twitter, dan TikTok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement