Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Turki Targetkan Peningkatan Signifikan dalam Ekspor Otomotif

Kamis 22 Oct 2020 22:33 WIB

Red: Nur Aini

Turki memperkirakan akan melihat peningkatan signifikan dalam ekspor otomotif

Turki memperkirakan akan melihat peningkatan signifikan dalam ekspor otomotif

Turki berkomitmen untuk memainkan peran lebih aktif dalam rantai pasokan global

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki memperkirakan akan melihat peningkatan signifikan dalam ekspor otomotif dalam beberapa bulan mendatang setelah menurun akibat virus corona. Hal itu dikatakan Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan pada Senin.

Baca Juga

Berbicara pada pertemuan virtual tentang perdagangan dengan Jerman, Pekcan mengatakan negaranya memiliki target untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam rantai pasokan global di periode mendatang. Dia mengatakan Jerman akan terus menjadi salah satu pasar paling strategis di Turki.

Pekcan mengatakan ekspor Turki ke Jerman naik 10,6 persen tahun ke tahun di bulan September, melambung dari penurunan 8,6 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini karena pandemi. Dia menekankan bahwa impor otomotif Turki dari Jerman melonjak 115 persen menjadi 1,5 miliar dolar AS pada Januari-September.

“Saya berharap eksportir kita bisa mencapai angka serupa,” kata Pekcan.

Mengutip data dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa (ACEA), Pekcan mengatakan pasar mobil di UE menyempit 28,8 persen dalam sembilan bulan pertama tahun 2020. Angka itu naik 3,1 persen pada September setiap tahun, imbuh dia.

Ismail Gulle, kepala Majelis Eksportir Turki, mengatakan ekspor otomotif Turki mencapai level sebelum pandemi Covid-19 pada September setelah tersendat karena penutupan pabrik. Acara tersebut dihadiri oleh 75 perusahaan, termasuk 25 perusahaan Turki dan 50 perusahaan Jerman.

Gulle mengatakan Jerman adalah pasar ekspor utama sektor otomotif Turki dengan bagian 12,8 persen pada September. Ekspor mobil ke Jerman mencapai 2,5 miliar dolar AS dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/turki-targetkan-peningkatan-signifikan-dalam-ekspor-otomotif/2012146
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA