Jumat 23 Oct 2020 00:30 WIB

Lukisan Berharga Filsuf Muslim Terkemuka Dilelang di Jerman

Haji Bektash Veli adalah filsuf Muslm terkemuka di Anatolia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Haji Bektash Veli filsuf Muslim terkemuka abad ke-17
Foto: wikipedia
Haji Bektash Veli filsuf Muslim terkemuka abad ke-17

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Sebuah lukisan berharga yang berasal dari abad ketujuh belas seorang filsuf Muslim terkemuka, Haji Bektash Veli dijual di pelelangan Jerman.  

Lukisan Haji Bektash Veli 1651, seorang tokoh agama Alevi terkemuka yang tinggal dan mengajar di Anatolia, dijual kepada Kepala Pusat Penelitian untuk Dunia Arab dan Turki di Haarlem,  Belanda, Mehmet Tutuncu.  

Baca Juga

"Saya sangat senang karena ketika membaca teks Utsmaniyah di bawah gambar itu, saya baru menyadari bahwa itu adalah gambar Haji Bektash Veli yang paling tua," kata Tutuncu dilansir dari laman Anadolu Agency pada Kamis (22/10).  

Tutuncu mengatakan, bahwa lukisan berukuran 22 x 17 sentimeter (8,7 x 7 inci) itu bisa menjadi lukisan ikon Muslim tertua yang ada. Dia menambahkan, lukisan itu mungkin berasal dari sebuah buku besar.  

Dia mengungkapkan, UNESCO menyatakan pada 2021 sebagai tahun Haji Bektash Veli, faktor lain yang membuat lukisan itu sangat penting. 

Sumber: https://www.aa.com.tr/en/europe/germany-painting-of-muslim-mystic-sold-at-auction/2014402

"Haji Bektash Veli adalah nama yang sangat penting secara historis. Dia juga pemandu Janissari, divisi terpenting tentara Ottoman. Dia adalah elemen penting dari budaya Alevi dan Bektash," kata Tutuncu.

Dia menjelaskan, sampai saat ini semua lukisan Haji Bektash Veli dikenal berasal dari abad 19 atau 20, maka lukisan abad ke-17 ini permulaannya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement