Jumat 23 Oct 2020 05:03 WIB

Arab Saudi Gratiskan Permainan Golf untuk Wanita

Golf tumbuh di Arab Saudi dan ada peningkatan yang stabil dalam minat pegolf wanita

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
(Foto: ilustrasi golf putri British Open)
Foto: Wikipedia
(Foto: ilustrasi golf putri British Open)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi mengumumkan inisiatif olahraga yang akan memungkinkan wanita untuk bermain golf tanpa biaya. Inisiatif tersebut akan diluncurkan pada acara debut Aramco Saudi Ladies International yang dipersembahkan oleh Dana Investasi Publik pada bulan depan. Inisiatif bernama 'Ladies First Club' itu akan menawarkan keanggotaan gratis yang mencakup pelajaran golf di tiga lapangan berbeda.

Inisiatif ini akan terbuka bagi semua wanita Saudi, dengan keanggotaan awal dibatasi hingga 1.000 pendaftar. Semua pemain yang mendaftar ke skema ini akan ditetapkan sebagai Anggota Pertama di Riyadh Golf Club, Dirab Golf Club atau King Abdullah Economic City’s (KAEC) Royal Greens Golf & Country Club, bergantung pada lokasinya.

Keanggotaan itu akan mencakup paket pendidikan 'Pengantar Golf' digital, yang akan memberikan seminar bulanan yang menguraikan aspek-aspek utama golf untuk pemula. Masing-masing dari tiga lapangan golf juga akan menjadi tuan rumah klinik golf Ladies First sebulan sekali, dipimpin oleh seorang profesional, yang akan diakhiri dengan pengenalan di lapangan untuk semua peserta dan kesempatan untuk memainkan putaran 18 lubang.

Akses jangkauan penuh kemudian akan tetap tersedia untuk semua anggota klub. 12 pemain terbaik program ini ditawarkan keanggotaan penuh sepanjang tahun sesuai pilihan mereka.

CEO Golf Saudi, Majed Al Sorour, mengatakan bahwa Ladies First Club akan menjadi klub yang tiada duanya. Menurutnya, itu adalah inisiatif mereka yang paling menarik, namun bertujuan untuk mengembangkan permainan gol di seluruh Arab Saudi dan merupakan cara yang ideal untuk merayakan sifat bersejarah dari turnamen gold wanita pertama di Kerajaan.

"Golf tumbuh di Arab Saudi dan kami tetap berkomitmen pada target kami. Kami sudah melihat peningkatan yang stabil dalam minat pegolf wanita dan kami berharap Ladies First Club akan membantu kami mencapai level berikutnya," kata Sorour, dilansir di Arab News, Kamis (22/10).

Selain itu, Ladies First Club akan menyertakan berbagai peluang sosial tambahan juga, termasuk undangan ke kegiatan pagi sosial dengan orang-orang seperti Pilates, yoga, bridge, dan kegiatan sosial dan kesejahteraan lainnya.

Semua pendaftar juga akan menerima diskon anggota di tiga restoran dan toko klub golf dan akan menerima akses atas diskon pilihan keanggotaan penuh setelah menyelesaikan program.

Maha Haddioui adalah pegolf wanita Arab pertama dan satu-satunya yang bermain di Ladies European Tour hingga saat ini. Dia akan ambil bagian dalam kedua acara Saudi bulan depan.

"Segala cara untuk membuat wanita lebih mudah bermain golf saya dukung, dan skema yang dibuat Golf Saudi dengan Ladies First Club adalah ide yang fantastis. Dari pengalaman saya, tidak ada cara yang lebih baik untuk membuka olahraga bagi para pegolf baru selain menjadikannya menyenangkan, inklusif dan sosial. Inisiatif ini adalah mewakili hal itu," kata Hadioui.

Pegolf amatir Sara Salhab ( 27) kerap bermain golf dengan teman-teman di Klub Golf Dirab. Ia telah memainkan olahraga tersebut sejak dia masih muda.

"The Ladies First Club adalah ide yang bagus karena menciptakan platform untuk membawa golf wanita ke level berikutnya, dengan memberikan bantuan profesional yang diperlukan dan membangun komunitas yang akan memungkinkan pemain untuk berkembang, jadi menurut saya itu bagus," ujar Salhab.

Ia mengatakan, golf adalah olahraga yang sangat bagus yang melatih pikiran dan tubuh. Selain itu, pemain berada di luar ruangan dengan pepohonan hijau yang sangat bagus, terutama di Saudi.

"Saya sangat menikmatinya. Lebih banyak wanita harus bermain karena ini sangat sehat, Anda bisa berada di luar ruangan dan itu adalah kegiatan sosial, yang dengan Ladies First Club, lebih mudah diakses dari sebelumnya," tambahnya.

Ladies First Club akan secara resmi diluncurkan selama pekan persiapan turnamen untuk Aramco Saudi Ladies International yang dipersembahkan oleh Dana Investasi Publik, yang berlangsung 12-15 November 2020. Peresmian digelar dua hari sebelum Saudi Ladies Team International, yang akan menampilkan tim yang terdiri dari empat pegolf yang bersaing memperebutkan hadiah uang senilai 500.000 dolar, pada 17-19 November 2020. Kaum hawa yang ingin mendaftar ke Klub tersebut dapat melakukannya melalui situs web Golf Saudi sejak pekan peristiwa bersejarah itu berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement