Rabu 21 Oct 2020 21:28 WIB

Wijnaldum: Kami Pernah Berada di Situasi Seperti Sekarang

Liverpool kehilangan beberapa pemain andalan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ekspresi kecewa para pemain Liverpool.
Foto: EPA-EFE/Rui Vieira
Ekspresi kecewa para pemain Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Liverpool bakal tampil tanpa kehadiran Virgil van Dijk, yang mengalami cedera ACL, saat melawat ke markas Ajax Amsterdam dalam laga pembuka Grup D Liga Champions, Kamis (22/10) dini hari WIB. Meski mengakui absennya Van Dijk jadi pukulan berat buat The Reds, tapi gelandang Liverpool, Giorgino Wijnaldum, yakin timnya bisa mengatasi situasi tersebut.

Gelandang asal Belanda itu pun menyebut, The Reds sebenarnya pernah mengalami situasi serupa, tepatnya saat kehilangan Mohammed Salah di laga leg kedua babak semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

Pada saat itu, pemain bintang asal Mesir itu terpaksa absen di Stadion Anfield karena mengalami cedera.  Padahal, saat itu, Liverpool menelan kekalahan 0-3 di laga leg pertama.

Namun, meski tanpa kehadiran Salah, The Reds terbukti mampu membungkam Barcelona, 4-0, dan melaju ke partai final. Pada akhir musim, tim besutan Jurgen Klopp itu akhirnya menjadi yang terbaik di kompetisi paling elit Eropa itu.  

''Kami pernah berada di situasi serupa beberapa tahun lalu (saat Salah absen leg kedua babak semifinal Liga Champions) dan mengatasinya dengan sangat baik. Mungkin Anda melihat kondisinya berbeda, karena Van Dijk akan absen dalam jangka waktu lama. Namun, kami melihat, laga kontra Ajax menjadi satu laga dan Van Dijk absen di laga itu. Kami bisa mengatasinya dengan baik sebelumnya, dan saya harap, kami bisa mengulanginya di laga kontra Ajax. Cedera Virgil bukanlah kondisi ideal, tapi kami harus melewatinya,'' tutur Wijnaldum di laman resmi klub, Rabu (21/10).

Terlepas dari absennya Van Dijk, tapi eks gelandang PSV Eindhoven itu pun menilai, laga kontra Ajax Amsterdam akan menjadi laga yang sulit. Pasalnya, Ajax merupakan tim yang memiliki identitas dan gaya permainan yang begitu kuat.

Namun, Wijnaldum tetap optimis, The Reds bisa menjawab tantangan Ajax di laga tersebut. Tidak hanya itu, Wijnaldum juga tetap yakin, The Reds bisa lolos dari putaran grup B Liga Champions.

''Di Liga Champions, apapun masih bisa terjadi. Saya rasa, kami telah menunjukan lawatan ke kandang lawan akan selalu sulit, tapi kami berhasil meraih hasil maksimal dan lolos ke babak selanjutnya. Kami memiliki pengalaman itu dan sadar lawan yang akan kami hadapi di laga berikutnya,'' kata Wijnaldum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement