Rabu 21 Oct 2020 19:31 WIB

Lirik Lagu J.Lo Soal Gadis Kulit Hitam Tuai Pro-Kontra

J.Lo menyebut dirinya sebagai gadis kulit hitam di lagu 'Lonely'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Amerika Serikat Jennifer Lopez merilis lagu Lonely bersama Maluma.
Foto: AP
Penyanyi Amerika Serikat Jennifer Lopez merilis lagu Lonely bersama Maluma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, penyanyi Jennifer Lopez berkolaborasi dengan Maluma dalam lagu Latin, "Lonely.” Menyusul perilisan lagu tersebut, diva asal Bronx yang juga keturunan Puerto Rico itu menerima reaksi balik.

Salah satu bait "Lonely" mengindikasikan sebutan bagi Lopez sebagai seorang gadis kulit hitam. J.Lo sapaan akrab Jennifer Lopez menyanyikan lirik, "Yo siempre sere tu negrita del Bronx.” Jika diterjemahkan, lirik itu berbunyi, “Aku akan selalu menjadi gadis kulit hitammu dari Bronx."

Baca Juga

Begitu orang-orang, terutama komunitas kulit hitam mengetahui terjemahannya, mereka mengecam aktris dan penyanyi tersebut melalui kanal media sosial. Mereka merasa J.Lo jauh dari definisi kulit hitam.

“Saya sangat kesal. Sekarang semua orang ingin menjadi berkulit hitam,” tulis salah satu pengguna media sosial seperti dilansir di Ace Showbiz, Senin (19/10).

“Saya tak suka J.Lo, dia hanya ingin menjadi gadis kulit hitam yang lebih maju. Dia pendukung All Lives Matter dan sekarang dia menyebut dirinya gadis kulit hitam dari Bronx, saya tak tahu mengapa dia masih membuat musik, anjingku memiliki ketangkasan vokal yang lebih baik daripada dia. Enggak banget,” tulis yang lainnya.

J.Lo sendiri belum menanggapi serangan balik tersebut, meskipun beberapa orang juga membelanya dengan menunjukkan bahwa kata negrita sebenarnya merujuk pada gadis Latin berkulit gelap atau cokelat, bukan Afrika Amerika. Beberapa juga mengatakan bahwa kata itu adalah istilah sayang.

"Jika kalian bukan Hispanik, jangan berkomentar. Asal tahu saja, dalam budaya kami. kalian tidak benar-benar harus berkulit hitam untuk menjadi negrita atau negrito,” tulis seorang penggemar.

"Wow!! Kalian harus luruskan fakta dulu!! Itulah yang disebut orang-orang berkulit cokelat di Bronx!! Negrita atau negrito omg chill!!! Bukan berarti HITAM," tulis penggemar lainnya.

“Kalian berpikiran terlalu jauh, itu nama hewan peliharaan tidak diterjemahkan menjadi gadis kulit hitam, sekarang jika dia mengatakan Morena dari Bronx itu akan berbeda," tulis yang lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement