Rabu 21 Oct 2020 17:12 WIB

AMI Awards 2020 Catat Rekor Karya yang Masuk

AMI Awards 2020 mengambil tema 'Musik Menyatukan Kita'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ketua Umum AMI Awards Dwiki Dharmawan (kiri) dalam konferensi pers AMI Awards 2020 yang diadakan secara virtual pada Rabu (21/10).
Foto: Dok. AMI Awards
Ketua Umum AMI Awards Dwiki Dharmawan (kiri) dalam konferensi pers AMI Awards 2020 yang diadakan secara virtual pada Rabu (21/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) akan kembali digelar pada 27 November 2020. Penghargaan bergengsi musik Tanah Air itu akan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengingat pandemi Covid-19 masih mengancam.

Ketua Umum AMI Awards Dwiki Dharmawan mengatakan, tahun ini jumlah entry yang masuk mengalami peningkatan sekitar 50 persen dari 1.973 karya di tahun 2019 menjadi 2.971 karya di tahun 2020. Semua karya itu terkumpul dari Juli 2019 hingga Juni 2020 yang dikurasi secara profesional oleh para anggota, yaitu anggota reguler dan anggota swara.

Baca Juga

"Tahun ini rekor karya yang masuk. Saya bersyukur, karena justru di tengah keterbatasan, kreativitas meningkat. Kami sangat memberikan apresiasi kepada semua musisi yang telah berpartisipasi. Kami juga tetap mempertahankan proses seleksi secara ketat dan transparan sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," kata Dwiki dalam konferensi pers virtual pada Rabu (21/10).

Di samping itu, jumlah kategori juga ada penambahan dan penyesuaian kategori seiring dengan perubahan tren yang terjadi dalam industri musik. Total ada 53 kategori dan 2 penghargaan khusus, yaitu Legenda Musik Indonesia dan Lifetime Achievement.

Mengungsung tema “Musik Menyatukan Kita” Dwiki berharap AMI Awards 2020 bisa mentransfer energi kepada semua musisi dan para pelaku industri musik Tanah Air untuk tidak patah semangat dan terus berkarya dan berdaya.

"Kehadiran AMI ini semoga menjadi suntikan semangat kepada para musisi untuk tetap bisa berkarya. Teriring doa semoga pandemi semoga barakhir dan masyarakat bisa beraktivitas seperti semula," harap Dwiki.

AMI Awards akan disiarkan secara langsung di RCTI pada 27 November 2020 serta di Instagram AMI Awards. AMI Awards adalah ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI). Seiring dengan usianya yang di tahun 2020 ini memasuki tahun ke-23, YAMI berharap bahwa eksistensi yayasan ini bisa terus memberikan kontribusi nyata kepada khasanah musik Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement