Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

AS Sebut China dan Rusia Ingin Kikis Keunggulan Militernya

Rabu 21 Oct 2020 14:27 WIB

Red: Nur Aini

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper

Menurut menteri pertahanan, jaringan aliansi AS adalah kekuatan abadi

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper memperingatkan bahwa China dan Rusia terus berusaha menjebol kepemimpinan militer AS, termasuk aliansi internasionalnya yang luas.

Baca Juga

Berbicara kepada lembaga peneliti kebijakan Dewan Atlantik pada Selasa (20/10), Esper mengatakan jaringan aliansi AS adalah kekuatan abadi yang tidak dapat ditandingi oleh pesaing dan musuh. Dia mencatat bahwa meskipun Moskow dan Beijing mungkin memiliki kurang dari 10 sekutu yang digabungkan, posisi AS tidak bisa direbut begitu saja.

"Kemampuan kita untuk mempertahankan keunggulan ini tidak ditentukan sebelumnya, dan kita juga tidak dapat meremehkan jaringan hubungan lama kita," ujar dia.

Esper mengatakan China dan Rusia dengan cepat memodernisasi angkatan bersenjata mereka dan menggunakan kekuatan mereka yang semakin besar untuk mengabaikan hukum internasional, melanggar kedaulatan negara-negara yang lebih kecil dan menggeser keseimbangan kekuatan yang menguntungkan mereka.

Dia juga merujuk secara khusus pada pembangunan pulau-pulau militer China di Laut China Selatan untuk meningkatkan klaim maritimnya dan aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea Ukraina. Rujukan itu sebagai contoh dari upaya berani mereka untuk mengikis otonomi negara lain dan merusak ketahanan dan kohesi negara serta institusi yang penting bagi keamanan AS, termasuk NATO.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/as-sebut-china-dan-rusia-berusaha-kikis-keunggulan-militernya/2013422
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA