Selasa 20 Oct 2020 22:59 WIB

Hadapi Sevilla, Azpilicueta Belajar dari Kesalahan

Chelsea akan menjamu Sevilla Rabu (21/10) dini hari WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta.
Foto: EPA/Facundo Arrizabalaga
Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea akan menerima lawatan Sevilla di Stadion Stamford Bridge pada laga pembuka Grup E Liga Champions, Rabu (21/10) dini hari WIB. Tampil di laga kandang pada laga pembuka babak penyisihan grup Liga Champions juga dialami The Blues pada musim lalu. Sayangnya, di laga tersebut, Chelsea harus rela menelan kekalahan. 

Pada saat itu, Chelsea menyerah 0-1 dari tamunya, Valencia, pada partai pembuka Grup H Liga Champions. Kembali memiiki kesempatan untuk mengawali kiprah di Liga Champions dengan laga kandang, kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan pada musim lalu tersebut.

Menurut bek sayap asal Spanyol tersebut, kegagalan memetik poin penuh di laga pembuka membuat tim asal London Barat itu berada dalam posisi yang cukup sulit untuk bisa segera memastikan lolos dari fase penyisihan grup. Beruntung, The Blues bisa mencatatkan kemenangan beruntun di dua laga berikutnya.

Setelah sempat memetik dua hasil imbang dan satu kemenangan di tiga laga berikutnya, The Blues akhirnya memastikan tempat di babak 16 besar dengan status sebagai runner-up Grup H lantaran kalah head to head dengan Valencia. 

''Musim lalu, kami harus berjuang keras untuk bisa lolos dari fase grup setelah kekalahan dari Valencia di partai kandang di laga pertama. Kekalahan itu membuat kami berada dalam posisi sulit untuk bisa lolos. Saya harap, kami belajar dari pengalaman itu. Kembali melakoni laga kandang di partai perdana, kami harus bisa mengawali kompetisi ini dengan kuat,'' tutur Azpilicueta seperti dilansir Evening Standard, Selasa (20/10).

Kendati begitu, mantan bek sayap Osasuna itu mengakui, laga kontra Sevilla tidak akan menjadi laga yang mudah. Julen Lopetegui, yang sempat bekerjasama dengan Azpilicueta saat masih menukangi timnas Spanyol, dinilai mampu mendongkrak performa tim asal Andalusia tersebut. Lopetegui pun terbukti mampu mempersembahkan titel Liga Europa pada musim debutnya menukangi Sevilla.

''Sevilla telah menunjukan kualitas mereka. Mereka adalah juara Liga Europa. Saya tahu, bagaimana kualitas dan kemampuan Lopetegui dalam melatih sebuah tim. Mereka akan menjadi tim yang benar-benar berbahaya. Namun, itu akan menjadi laga perdana kami di Liga Champions musim ini dan akan tampil di kandang, kami mesti bisa memanfaatkan kesempatan ini,'' kata bek berusia 31 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement