Selasa 20 Oct 2020 18:00 WIB

Demonstrasi di Patung Kuda, 33 Remaja Dinamakan

Mereka yang ditangkap ini disebut kelompok anarko.

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Kapolda Metro Jaya - Irjen Nana Sudjana
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kapolda Metro Jaya - Irjen Nana Sudjana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi menangkap 33 remaja saat hendak bergabung dengan massa mahasiswa dan buruh di sekitar Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (20/10). Mereka yang ditangkap ini disebut kelompok anarko.

"Sampai saat ini ada sekitar 33 orang yang kami amankan. Ini kami amankan bukan kami tangkap," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana kepada wartawan di sekitar Patung Kuda, Selasa. 

Mereka ditangkap, kata Nana, di sekitar Patung Kuda. Namun, Nana tak menyebutkan alasan penangkapan maupun barang bukti sebagai dasar penangkapan. “Ini kan sedang  berproses,” katanya.

Nana menyebut, jumlah pelajar ataupun kelompok anarko yang terlibat hari ini tak sebanyak demonstrasi beberapa hari sebelumnya. 

Sebelumnya, sekitar pukul 14.00 WIB memang tampak belasan remaja yang diamankan aparat di sekitar Patung Kuda. Mereka ditangkap berjalan dari Jalan Medan Merdeka Selatan untuk bergabung dengan massa penolak UU Cipta Kerja di depan Patung Kuda.

Polisi lalu mengumpulkan mereka di area Medan Merdeka Barat Daya. Polisi pun memeriksa ponsel mereka untuk mengecek adakah pesan provokasi yang dikirim maupun yang diterima.

"Saya enggak sekolah, Pak. Saya datang untuk ikut-ikutan aja," ujar seorang remaja yang diamankan itu. Mereka semua lalu diangkut menggunakan mobil tahanan Polres Jakarta Pusat. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement