Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

5 Selebritas yang Punya Penyakit Migrain

Rabu 21 Oct 2020 02:30 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi Janet Jackson termasuk salah satu selebritas yang sering mengalami migrain.

Penyanyi Janet Jackson termasuk salah satu selebritas yang sering mengalami migrain.

Foto: EPA
Migrain sebagian besar menyerang perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit migrain bisa terjadi kepada siapa saja, kendati sebagian besar menyerang perempuan. Selebritas tak terlepas dari intaian penyakit yang tampak ringan, namun bisa sangat mengganggu tersebut.

Migrain bisa terjadi saat siklus tertentu, seperti menstruasi atau hormon lainnya. Berikut beberapa selebriti yang menderita migrain, dilansir laman WebMd.

Ben Affleck
Aktor dan sutradara Ben Affleck kerap kali mengalami nyeri migrain. Saat menyutradarai Gone, Baby, Gone pada tahun 2006, dia menderita migrain yang sangat parah sehingga membuatnya harus ke rumah sakit.

Baca Juga

"Saya terus berjalan dan dan hampir tidak tidur," kata Affleck.

Jadwal tidur yang teratur membantu mencegah migrain. Mulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan juga bisa membantu meredakan sakit.

Lisa Kudrow
Perjalanan masa kecil ke Disneyland biasanya membawa senyuman. Namun, bagi aktris Lisa Kudrow, hari yang menyenangkan dan makan akan selalu berakhir dengan sakit kepala yang parah.

Ayah dan saudara Kudrow juga akrab dengan sakit migrain. Migrain adalah suatu kondisi yang diturunkan dalam keluarga. Anak-anak memiliki sekitar 50 persen kemungkinan mengalami migrain jika salah satu orang tuanya mengalaminya dan 75 persen diturunkan jika kedua orang tuanya memiliki sakit itu. Mengetahui riwayat keluarga dapat membantu dokter memilih cara merawat pasien.

Marcia Cross
Aktris Marcia Cross tampak tak terbendung sebagai perfeksionis Bree Van de Kamp di acara TV Desperate Housewives. Di luar kamera, dia berjuang dengan sakit kepala migrainnya.

"Mengalami migrain dan mencoba bekerja tidak mungkin bagi saya," katanya.

Cross kerap mual dan juga mengalami penglihatan yang kabur. Cross telah menjadi juru bicara untuk pengobatan migrain triptan yang dapat mengurangi nyeri migrain dan mual dengan merangsang serotonin yang pada gilirannya meredakan peradangan dan mempersempit pembuluh darah.
 
Janet Jackson
Pada 2008, penyanyi Janet Jackson membatalkan serangkaian konser setelah menderita sakit kepala migrain vestibular. Jenis migrain ini memberi dia vertigo, rasa sakit seperti ruangan berputar.

Cahaya terang dan suara keras juga dapat mengganggu. Hingga 50 persen penderita sakit kepala migrain juga terkadang merasa pusing atau vertigo.

Kristin Chenoweth
Aktris dan penyanyi Kristin Chenoweth menjalani perawatan migrain setelah memenangkan Emmy pada 2009. Kemudian dokternya menyarankan toksin botulinum.

"Saya tidak pernah mengalami sakit kepala yang parah sejak itu," katanya.

Perawatan ini disetujui untuk orang yang menderita sakit kepala migrain 15 kali atau lebih dalam sebulan, tetapi mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang pernah menjalani pengobatan berkurang sakit kepala hingga setengahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA