Selasa 20 Oct 2020 14:52 WIB

Tolak UU Ciptaker, Mahasiswa Berdatangan ke Patung Kuda

Pengamanan demonstrasi kali ini dilakukan 671 personel gabungan Polri dan TNI.

Rep: Febryan. A/ Red: Ratna Puspita
Massa mahasiswa mulai berkumpul di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (20/10).
Foto: Republika/Febryan. A
Massa mahasiswa mulai berkumpul di Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Massa mahasiswa mulai berdatangan ke area sekitar Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/10) siang. Mereka menyuarakan penolakan Undang-Undang (Omnibus Law) Cipta Kerja dan sekaligus peringatan satu tahun Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf.

Berdasarkan pantauan Republika di lokasi pukul 14.00 WIB, tampak massa mahasiswa berdatangan. Namun, massa buruh belum terlihat. Massa yang berkumpul sempat membakar sebuah ban.

Baca Juga

Kabag Humas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Suwatno mengatakan, pengamanan demonstrasi kali ini dilakukan 671 personel gabungan Polri dan TNI. Mereka ditempatkan di Jalan Merdeka Barat.

"Mereka (personel gabungan) ini akan menjaga aksi massa di Patung Kuda. Sementara personel lainnya sedang bersiaga di Monas untuk mengamankan Istana Merdeka," kata Watno saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Kapolsek Metro Gambir Kompol Kadek Budiarta, meminta massa menyampaikan aspirasinya secara damai. "Kami akan kawal adik-adik sekalian untuk melaksanakan aksi ini. Semoga berjalan dengan damai dan tertib hingga selesai. Kami akan menjaga adik-adik semua," ungkap Budi lewat pengeras suara.

Sebelumnya, BEM SI menyatakan akan menggelar demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, hari ini. Pihak BEM SI menyebut demonstrasi bakal diikuti 5.000 peserta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement