Selasa 20 Oct 2020 14:40 WIB

OKI Usulkan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Muslim

Pemberdayaan perempuan di dunia Islam diusulkan OKI.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
OKI Usulkan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Muslim. Foto: Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
OKI Usulkan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Muslim. Foto: Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan meluncurkan organisasi mandiri untuk perempuan. Hal ini merupakan sebuah pencapaian penting dalam upayanya untuk memberdayakan perempuan di dunia Muslim.

Dilansir dari laman Arab News Selasa (20/10), Pada Agustus lalu, Sekretaris Jenderal OKI, Dr. Yousef Al-Othaimeen mengumumkan, bahwa kuorum ratifikasi Statuta Woman Development Organization (WDO) OKI telah dicapai, dan mulai berlaku. Hal ini membuka jalan bagi organisasi khusus yang baru lahir ini untuk memulai kegiatan, dan memainkan peran sentral dalam mempromosikan peran OKI memberdayakan perempuan dan memajukan statusnya.

Baca Juga

Pekan ini, pertemuan pertama dewan WDO akan digelar untuk membahas struktur dan regulasi internal.

WDO didirikan berdasarkan resolusi yang diadopsi oleh Dewan Menteri Luar Negeri OKI pada 2009 sebagai organisasi khusus internasional yang berbasis di Kairo.  Statuta organisasi tersebut diadopsi pada 2010. Berangkat dari hal itu, upaya besar telah dilakukan oleh OKI dan Mesir, negara tuan rumah markas WDO, untuk memobilisasi proses ratifikasi, tetapi peristiwa yang terjadi belakangan ini menghambat momentumnya.  

Namun demikian, dukungan dan antusiasme untuk mendirikan organisasi tersebut terbukti. Hal ini karena negara-negara anggota menyuarakan kebutuhannya untuk mengatasi tantangan bersama dalam melindungi dan mempromosikan hak-hak perempuan, yang diakui oleh Islam, meningkatkan kerja sama dan pertukaran pengalaman mereka untuk memajukan status perempuan dalam masyarakat.

Adapun WDO akan bekerja untuk mengembangkan rencana, program dan proyek yang diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan, orientasi dan keputusan OKI di bidang pembangunan, kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan di negara-negara anggotanya. Itu diberi mandat untuk menyelenggarakan acara, lokakarya, kursus dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas, serta melakukan studi untuk meningkatkan peran perempuan dalam masyarakat dan memastikan hak-hak sepenuhnya.

Selama pertemuan menteri konsultatif informal tentang pemberdayaan perempuan di dunia Muslim, yang diadakan tahun lalu di Kairo, para peserta mengidentifikasi beberapa topik yang akan menjadi fokus WDO setelah memulai operasinya. Empat tema utama yang disorot di antaranya, Peran perempuan dalam memerangi ekstremisme, kepemimpinan perempuan dan pengambilan keputusan, melindungi perempuan dari segala bentuk kekerasan, dan pemberdayaan ekonomi perempuan dan inklusi keuangan.

"Masyarakat kontemporer menghadapi tantangan nyata dalam memerangi ekstremisme, dan melibatkan perempuan dalam langkah-langkah, strategi yang dikembangkan di semua tahap merupakan hal yang penting," kata penulis wanita asal Saudi, Maha Akeel.

Dia mengatakan, Organisasi teroris semakin tertarik merekrut perempuan karena berbagai alasan, dan perempuan termotivasi atau dipaksa bergabung dengan mereka karena alasan ideologis, sosial, politik atau ekonomi. Karena alasan dan motif tidak sama, maka satu strategi tidak dapat diterapkan di semua negara, tetapi harus mempertimbangkan kekhususan setiap daerah, serta keragaman politik, sosial dan budayanya.

Sementara itu, ada beberapa langkah dan kebijakan yang dapat disepakati oleh semua negara terkait, khususnya, kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran tentang keberadaan terorisme perempuan dan kemungkinan ekstremisme perempuan, yang mungkin sebanding dengan atau bahkan lebih radikal. dibandingkan laki-laki.

Selain itu, ada kebutuhan untuk memperluas lingkaran mereka yang peduli dengan pemberantasan ekstremisme, terutama perempuan, dengan memungkinkan mereka untuk berperan proaktif dalam mencegah, dan mengatasi tanda, serta indikasi yang dapat muncul pada anak-anak beserta lingkungan sosial mereka.

Ada juga kebutuhan untuk melibatkan perempuan dalam desain, implementasi dan evaluasi semua kebijakan, hukum, prosedur, program, rencana, tindakan dan penelitian yang berkaitan dengan pemberantasan ekstremisme, terorisme di semua negara, baik Islam maupun lainnya.

"Mengenai masalah perempuan dalam posisi pengambilan keputusan, meskipun banyak kemajuan telah dicapai di negara-negara anggota OKI dalam hal ini, lebih banyak upaya diperlukan untuk memajukan kesempatan yang sama, mempromosikan keadilan gender, memperkuat peran perempuan dalam pembangunan nasional, dan melibatkan kaum muda.  .  Marjinalisasi dan diskriminasi perempuan, serta kegagalan mengintegrasikan mereka ke dalam proses pengambilan keputusan, merupakan beberapa kendala utama yang dihadapi perempuan, yang menghalangi mereka untuk berperan efektif dalam proses pembangunan masyarakatnya," papar Akeel.

Menurut Akeel, dalam melindungi perempuan dari kekerasan, sayangnya perempuan dan anak perempuan terus mengalami pelecehan, kekerasan dalam rumah tangga dan perdagangan manusia, terutama di zona konflik dan pendudukan. Selain itu juga menjadi sasaran praktik-praktik berbahaya di beberapa negara, seperti perkawinan anak, pemotongan alat kelamin perempuan, dan pembunuhan demi kehormatan.

"Penderitaan mereka kebanyakan dalam kesunyian karena tekanan sosial, kondisi ekonomi dan kurangnya akses ke perlindungan dan bantuan hukum atau sarana dukungan. Peran pemuka agama, hakim dan aparat keamanan menjadi penting dalam hal ini," kata dia.

Berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi, kemitraan antara sektor publik, organisasi masyarakat sipil, swasta, universitas, pusat penelitian dan media merupakan kunci pencapaian pemberdayaan ekonomi perempuan dan keterlibatan di bidang keuangan.

"Jelas, banyak yang diharapkan dari organisasi OKI baru ini karena bertujuan untuk mengatasi tantangan dan hambatan yang dihadapi perempuan dan membantu mereka mencapai potensi penuh mereka di dunia Muslim dan hidup dalam martabat. Krisis penyakit virus korona telah memperparah beban sosial dan ekonomi perempuan dan mengancam mengikis keuntungan apa pun yang telah diperoleh bahkan dalam hak-hak dasar seperti pendidikan.  Namun, agar organisasi yang baru lahir ini berhasil mencapai tujuannya, organisasi tersebut perlu dibekali dengan sumber daya, kapasitas, dan yang terpenting, kemauan politik," ucap Akeel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement