Selasa 20 Oct 2020 06:29 WIB

Bosnich: Pickford Perlu Disanksi Hingga Van Dijk Kembali

Pickford tak menghadapi sanksi meski membuat Van Dijk harus naik meja operasi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bek Liverpool Virgil van Dijk (kiri) terpaksa meninggalkan lapangan lebih cepat setelah menerima tekel keras dari kiper Everton Jordan Pickford.
Foto: REUTERS/PETER BYRNE
Bek Liverpool Virgil van Dijk (kiri) terpaksa meninggalkan lapangan lebih cepat setelah menerima tekel keras dari kiper Everton Jordan Pickford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan kiper Chelsea dan Manchester United, Mark Bosnich, menyarankan untuk melarang kiper Everton Jordan Pickford bermain sampai bek Liverpool Virgil van Dijk kembali. Kedua pemain itu bertabrakan dalam pertandingan derbi Merseyside pada Sabtu (17/10) yang berakhir imbang 2-2.

Van Dijk terpaksa meninggalkan lapangan lebih cepat setelah menerima tekel keras dari Pickford. Namun, tekel itu tak dinilai pelanggaran karena VAR memutuskan Van Dijk sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Van Dijk kini harus menghadapi operasi lutut dan diprediksi akan absen hingga akhir musim. Sementara, Pickford tidak menghadapi tindakan lebih lanjut. Sebab itu, Bosnich menilai pemain yang membahayakan keselamatan lawan perlu dilarang bermain hingga korbannya kembali.

"Ini tidak pernah dipertimbangkan. Saya benar-benar berpikir, sebagai pencegah pemain yang melakukan tindakan sembrono harus ditangguhkan dari permainan sampai korbannya kembali, terlepas dari itu sengaja atau tidak," kata Bosnich dikutip dari Football365, Senin (19/10).

Menurut Bosnich, tekel seperti yang dilakukan Pickford itu membahayakan pemain lawan. Satu-satunya cara, kata dia, adalah membuat aturan agar pemain yang melanggar juga dikenakan sanksi penangguhan hingga korbannya kembali bermain. "Dalam jangka panjang perlu mencegah pemain menempatkan diri pada posisi di mana mereka akan mempertaruhkan lawan," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement