Senin 19 Oct 2020 19:50 WIB

KKP Targetkan Ekspor Udang Naik Hingga 2,5 Kali Lipat

KKP berupaya meningkatkan ekspor udang dengan lakukan penyederhanaan perizinan

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Nelayan memasang bubu udang di perairan Desa Mangunan, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (5/9/2020). Kementerian Kelautan dan Perikanan terus mendorong balai-balai di Indonesia untuk memproduksi induk udang unggul guna mencapai target ekspor udang nasional hingga 250 persen pada tahun 2024.
Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Nelayan memasang bubu udang di perairan Desa Mangunan, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (5/9/2020). Kementerian Kelautan dan Perikanan terus mendorong balai-balai di Indonesia untuk memproduksi induk udang unggul guna mencapai target ekspor udang nasional hingga 250 persen pada tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan peningkatan nilai ekspor udang sebesar 2,5 kali lipat hingga 2024. Selain penyederhanaan perizinan, kata Artati, KKP juga mengembangkan program Klaster Daya Saing agar penyerapan pasar berjalan beriringan dengan produksi udang.

Artati menyampaikan program ini akan mengintegrasikan usaha sektor kelautan dan perikanan dari hulu ke hilir yang difasilitasi program pengembangan usaha."Tujuannya agar daya saing SDM, produk, dan perusahaan bisa terangkat sekaligus mengangkat daya saing daerah dan nasional," ujar Artati dalam siaran pers di Jakarta, Senin (19/10).

Baca Juga

Sebagai langkah awal, ucap Artati, Ditjen PDSPKP menginisisasi program Klaster Daya Saing melalui fasilitasi kemitraan usaha dan pendampingan akses pembiayaan bagi pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan di tambak udang Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, Artati memastikan KKP juga telah memfasilitasi kerjasama usaha antara penyedia benur (CV Manunggal 23) dari Serang-Banten dengan Koperasi Nelayan Paloh Jaya. Dalam perjanjian kerja sama tersebut disepakati penyediaan benur udang vaname sebanyak 1 juta sampai 2 juta benur per siklus.

"Untuk mewujudkan keberhasilan program Klaster Daya Saing dengan komoditas utama udang maka kita harus bersinergi dan think big, InsyaAllah hasilnya akan optimal," sambung Artati. 

 

Artati mengatakan udang menjadi komoditas utama yang dipilih untuk meningkatkan nilai ekspor perikanan Indonesia. Sampai Agustus 2020, nilai ekspor perikanan sebesar 3,28 miliar dolar AS yang mana 40 persennya sumbangan dari nilai ekspor komoditas udang. 

"Ini membuktikan udang bisa menjadi komoditas untuk industrialisasi perikanan budidaya yang mampu menyerap lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan nilai tambah, serta menyediakan sumber protein hewani untuk konsumsi masyarakat," ungkap Artati. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar menegaskan dukungannya terhadap inisiasi awal yang dilakukan Ditjen PDSPKP pada Kamis (15/10). Ferry berharap ada rencana aksi untuk mewujudkannya, mengingat Pemda Kabupaten Sambas berencana untuk membangun kawasan transmigrasi sebagai kawasan produksi udang.

"Pembangunan ini melalui pemanfaatan lahan transmigrasi untuk tambak udang vaname," ucap Ferry

Kepala Dinas Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, Ilham Sehan memaparkan lahan tambak di wilayah tersebut tersebar di di Kecamatan Paloh. Tak hanya itu, terdapat lahan tambak lain di Kecamatan Jawai, Pemangkat dan lainnya dengan potensi sekitar 2.600 hektare.

Tentu ini perlu dukungan pembiayaan dan kemitraan sebagai langkah awal," ungkap Ilham. Baru-baru ini, Bank Negara Indonesia (BNI) telah mengucurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 500 juta yang disalurkan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan Harapan Bahari. 

Kelompok tersebut tergabung dalam Koperasi Nelayan Paloh Jaya. Kegiatan ini merupakan perwujudan kerjasama antara KKP dan Bank BNI yang tergabung dalam Pokja Kredit program dalam mendorong akselerasi akses pembiayaan untuk sektor KP

"Semoga ini bermanfaat bagi pengembangan usaha petambak Udang di Paloh, dan BNI kedepannya akan tetap mendukung pengembangan usaha tambak Udang di Kabupaten Sambas," kata Kepala BNI Cabang Sambas, Joko Ismono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement