Senin 19 Oct 2020 16:08 WIB

Bio Farma: 1.074 Relawan Dapat 2 Suntikan Vaksin Sinovac

671 relawan sudah diambil sampel darahnya dan masuk dalam tahap pemantauan.

Sebanyak 1.074 relawan di Bandung, Jawa Barat, sudah mendapat dua kali suntikan vaksin Covid-19. [Foto ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19]
Foto: AP Photo/Hans Pennink
Sebanyak 1.074 relawan di Bandung, Jawa Barat, sudah mendapat dua kali suntikan vaksin Covid-19. [Foto ilustrasi uji klinis vaksin Covid-19]

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 1.074 relawan di Bandung, Jawa Barat, sudah mendapat dua kali suntikan vaksin Covid-19. Suntikan itu dilakukan pada uji klinis tahap ketiga terhadap vaksin produksi perusahaan farmasi China, Sinovac Biotech Ltd.

"Jadi yang (suntikan dosis) pertama sudah selesai 1.620 relawan, kemudian yang mendapatkan suntikan kedua sudah 1.074 relawan, dan yang sudah diambil darahnya ada sekitar 671 relawan," kata Sekretaris Perusahaan PT Bio Farma Bambang Heriyanto dalam gelar wicara yang diadakan secara virtual dari Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kantor Graha BNPB, Jakarta, Senin (19/10).

Baca Juga

Bambang mengatakan 671 relawan yang sudah diambil sampel darahnya setelah mendapat suntikan vaksin kedua masuk dalam tahap pemantauan. PT Bio Farma bekerja sama dengan Sinovac Biotech Ltd dalam pengadaan dan pengembangan vaksin Covid-19. 

Uji klinis vaksin COVID-19 buatan Sinovacdi Indonesia dilakukan bekerja sama dengan Universitas Padjajaran di Bandung. Uji klinis tahap ketiga vaksin Sinovac di Indonesia diharapkan selesai Januari 2021 dengan hasil yang memuaskan.

Laporan mengenai hasil uji klinis vaksin tersebut akan digunakan untuk mendapatkanotorisasi penggunaan darurat vaksin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pemerintah Indonesia membutuhkan sampai 340 juta vaksin COVID-19 untuk melakukan vaksinasi pada sekitar 60 persen penduduk.

Pemerintah berupaya mendapatkan pasokan vaksin COVID-19 dari tiga jalur, yakni melalui pembelian dari China dan Inggris, jaminan pasokan vaksin dari organisasi internasional, dan produksi Vaksin Merah Putih di dalam negeri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement