Senin 19 Oct 2020 13:45 WIB

Lima Wisatawan Tersesat di Hutan Sumbawa Ditemukan

Kelima wisatawan dalam keadaan selamat.

Lima Wisatawan Tersesat di Hutan Sumbawa Ditemukan. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Lima Wisatawan Tersesat di Hutan Sumbawa Ditemukan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Tim pencarian dan pertolongan (SAR) berhasil menemukan lima orang wisatawan lokal yang dilaporkan tersesat di kawasan hutan Air Terjun Deswa Marente, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Ahad (18/10).

"Setelah dilakukan pencarian selama beberapa jam, kelima korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat sekitar pukul 23.40 Wita," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram Nanang Sigit melalui keterangan tertulis, Senin (19/10).

Baca Juga

Ia menyebutkan, lima orang wisatawan yang tersesat itu atas nama Egi, Kep, Chan, Feby, dan Mimi. "Setelah berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, selanjutnya para wisatawan lokal itu diserahkan ke keluarga," ujar Nanang.

Basarnas Mataram menerima laporan kondisi membahayakan tersebut dari anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbawa, Ahad (18/10), pukul 22.25 Wita. Kejadian bermula saat para wisatawan lokal yang berjumlah 15 orang pergi ke lokasi wisata tersebut dihari yang sama sekitar pukul 09.00 Wita.

Kemudian mereka beranjak pulang sekitar pukul 16.00 Wita. Namun, sebanyak 10 orang turun melalui jalur yang sama dengan sebelumnya. Sedangkan lima orang lainnya memilih jalur lain dan akhirnya tidak menemukan jalan pulang karena yang dilalui merupakan jalur buntu.

Berdasarkan hal tersebut, Basarnas Mataram memberangkatkan personel dari Pos SAR Sumbawa untuk melakukan pencarian bersama potensi SAR, termasuk anggota RAPI Sumbawa. "Tim SAR bersama warga setempat berhasil menemukan lima wisatawan lokal tersesat itu dengan cara mengikuti asap yang bersumber dari api yang dibuat," kata Nanang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement