Senin 19 Oct 2020 13:38 WIB

Musim Al Wasim Tengah Berlangsung di Saudi

Musim Al-Wasim yang menandai awal musim gugur Arab Saudi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Pandangan udara kota suci Mekkah, Arab Saudi 28 Juli 2020.
Foto: Saudi Press Agency/Handout via REUTERS
Pandangan udara kota suci Mekkah, Arab Saudi 28 Juli 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Musim Al-Wasim yang menandai awal musim gugur di Kerajaan, dimulai pada Senin (12/10) dengan penurunan suhu yang stabil, menurut astronom Saudi Khalid Al-Zaaq. Dalam sebuah tweet, pakar tersebut mengatakan musim yang berlangsung selama hampir 52 hari dianggap paling ringan di dunia Arab dan kawasan Teluk.

“Kami hidup dalam fase transisi dan dengan musim Al-Wasim yang semakin dekat, suhu secara umum di negara-negara Teluk akan berada di antara 25 dan 35 derajat. Saat musim Al-Wasim mendekat, kelembapan mulai menurun di semua pantai Teluk. Indikator Al-Wasim masih lemah di wilayah utara, tengah, dan timur Arab Saudi.

Cuaca segar di beberapa bagian wilayah barat seperti Makkah, Madinah, dan Taif. Sedangkan cuaca semi-segar berada di bagian barat daya Kerajaan di Jazan, Asir, dan Taif, dan aktif di pantai Oman.

Musim Suhail saat ini, yang dikenal sebagai Canopus dalam bahasa Inggris, biasanya berlangsung selama 53 hari. Suhail adalah bintang paling terang di konstelasi selatan Carina, dan bintang paling terang ketiga di langit malam setelah Sirius dan Matahari.

Kalender Arab adalah kalender bulan karena sesuai dengan perubahan musim ketika datang ke panen, musim panas, dan musim dingin, dan perubahan cuaca dan keadaan lingkungan lainnya. Sementara itu 12 musim lainnya dalam kalender lunar ini adalah Merbeaaniyah, Shabat, Aqaarib, Hamim, Theraan, Kanna, Thurayyah, Tawbee, Jawza pertama dan kedua, Merzam, dan Klaibain.

Sepanjang sejarah, orang Arab telah menantikan Al-Wasim, musim hujan dan perubahan cuaca, yang datang setelah berbulan-bulan panas, kekeringan, dan stabilitas udara. Tanda-tanda musiman meliputi burung-burung yang bermigrasi melewati Jazirah Arab, dimulainya panen madu, pergerakan awan yang diamati dari barat ke timur, cuaca sejuk terutama pada malam hari, dan gelombang debu yang perlahan turun ke seluruh wilayah.

Tahun ini, karena Covid-19 dan pembatasan  nasional, warga telah menemukan keajaiban alam yang dimiliki Saudi dengan bepergian ke tujuan lokal, berkemah di pegunungan barat daya yang sejuk, piknik di bawah bintang-bintang di Wadi Hanifah di Diriyah, dan bersepeda.

Sarah Hasan, seorang guru sekolah umum Saudi, mengatakan bahwa dia menikmati piknik di taman lingkungannya.

“Sejak cuaca mulai dingin di malam hari, saya telah membawa anak-anak saya ke taman dekat rumah saya setiap Kamis,” katanya kepada Arab News.

Dia percaya bahwa taman secara umum jauh lebih aman bagi anak-anaknya selama pandemi. Pembatasan sosial bisa Anda terapkan dengan mudah di sebuah taman. Taman bermain taman kadang-kadang ramai, jadi anak-anak membawa sepeda dan mainan mereka sendiri dan dia melakukan jogging.n Ratna Ajeng Tejomukti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement