Senin 19 Oct 2020 07:10 WIB

Kebakaran Melanda Gudang Bijih Pala PTPN IX

Ada sebanyak 4 ton bijih pala yang tersimpan di dalam gudang tersebut ikut terbakar.

Rep: S Bowo Pribadi / Red: Agus Yulianto
Petugas pemadam kebakaran berupaya menjinakkan kobaran api yang membakar gudang penyimpanan bijih pala di kompleks Kebun Ngobo, Afdeling Gebugan, yang berlokasi di Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, kabupaten Semarang, Sabtu (18/10) malam
Foto: Istimewa
Petugas pemadam kebakaran berupaya menjinakkan kobaran api yang membakar gudang penyimpanan bijih pala di kompleks Kebun Ngobo, Afdeling Gebugan, yang berlokasi di Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, kabupaten Semarang, Sabtu (18/10) malam

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) mastikan tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran di gudang pala, yang berlokasi di kompleks kebun Ngobo Afdeling Gebugan, Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (17/10) malam.

Kendati begitu, bangunan gudang untuk menyimpan biji buah pala berikut isinya ikut ludes terbakar. Dugaan sementara, sumber api berasal dari tungku pemanas yang ada di gudang tersebut.

Kepala Bagian Operasional PTPN IX, Dr Budiono SH MH dalam keterangannya menegaskan, api yang membakar gudang bijih pala di kebun Ngobo Afdeling Gebugan PTPN IX kali pertama terlihat pada Sabtu petang sekitar pukul 18.30 WIB.

Petugas di lokasi yang mengetahui segera melaporkan kejadian tersebut kepada sejumlah pejabat di PTPN sekaligus menghubungi sentra bantuan dukungan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang.

Api yang cepat membesar selanjutnya membakar seluruh bangunan gudang, termasuk bijih pala yang terseimpan di dalamnya. “Total ada sebanyak 4 ton bijih pala yang tersimpan di dalam gudang tersebut ikut terbakar,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Ahad (18/10).

photo
Pekerja menjemur biji buah pala.- (ARIF FIRMANSYAH/ANTARA)

Saat api terus membesar dan membakar seluruh bagian gudang, lanjut Budiono, petugas yang ada di lokasi bersama- sama dengan petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi terus  berupaya mengendalikan api.

Api yang membakar gudang tersebut baru bisa dikendalikan dan dipadamkan dua jam kemudian atau sekitar pukul 20.30 WIB dan seluruh bangunan gudang berikut barang yang ada di dalamnya sudah ludes terbakar.

Meski begitu, kebakaran gudang di kebun Ngobo Afdeling Gebugan tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa. “Untuk kerugian materiil akibat kebakaran hingga saat ini masih dikonfirmasi,” lanjutnya.

Sementara itu, masih kata Budiono, sumber api diduga berasal dari tungku pemanas yang berada di lokasi yang terbakar. Namun begitu, upaya penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran sudah dilakukan bersama dengan aparat yang berwenang.

Sedangkan terkait kebakaran ini PTPN IX juga telah mengambil beberapa tindakan internal. Antara lain meminta keterangan kepada para petugas yang berjaga maupn yang berada di dekat lokasi kebakaran.

Sebelumnya, gudang penyimpanan bijih pala yang berasal dari kebun Ngobo Afdeling Gebugan tersebut terbakar. Api yang cepat membesar telah menghanguskan bangunan gudang berikut isinya.

Kebun afedling Gebugan tersebut, selama ini merupakan salah unit kebun PTPN IX yang menghasilkan bijih pala dan merupakan dengan usaha hilir berupa minyak pala serta sirup buah pala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement