Senin 19 Oct 2020 05:10 WIB

Hadirkan Jiwa Santri di Era Pandemi

Puncak hari santri dilaksanakan pada 22 Oktober.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Hadirkan Jiwa Santri di Era Pandemi. Foto: Peringatan Hari Santri (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hadirkan Jiwa Santri di Era Pandemi. Foto: Peringatan Hari Santri (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjelang puncak peringatan Hari Santri pada 22 Oktober 2020, Sekretaris Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ahmad Zubaidi berpesan agar umat khususnya para santri menghadirkan jiwa santri. Sebab di era pandemi Covid-19, jiwa santri sangat dibutuhkan. 

"Pertama, saya mengucapkan selamat hari santri semoga jiwa santri tetap melekat pada setiap orang yang sedang nyantri atau pernah nyantri," kata Kiai Ahmad kepada Republika, Ahad (18/10).

Baca Juga

Ia menyampaikan, santri memiliki jiwa yang unik. Santri hidup dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan tahan dalam ketidaknyamanan kehidupan. Santri juga memiliki rasa solidaritas yang tinggi, kepatuhan kepada orang tua, guru atau ustaz dan penuh optimisme.

Di kala pandemi seperti sekarang ini, di mana banyak orang yang terdampak Covid-19 baik langsung maupun tidak langsung. Maka ketidaknyamanan kehidupan itu muncul, mungkin karena sakit atau terdampak ekonomi.

"Dalam keadaan seperti ini, kita bisa depresi atau paling tidak mengalami pengurangan kualitas kebahagiaan dalam hidup, maka menghadirkan jiwa santri saat ini sangat tepat sekali," ujarnya.

Kiai Ahmad mengatakan, dengan memiliki jiwa santri, maka siap hidup dalam keprihatinan, ridha dengan keadaan, daya juang dan optimisme tetap tinggi serta tetap taat kepada Allah SWT. "Meski dalam keadaan terjepit sekalipun, dengan menghadirkan jiwa santri kita optimis bahwa setiap kesulitan akan menghadirkan kemudahan," jelasnya.

Peringatan Hari Santri 2020 mengusung tema 'Santri Sehat Indonesia Kuat' yang diluncurkan pada 1 Oktober 2020. Rangkaian peringatan Hari Santri 2020 di antaranya pada 30 September - 15 Oktober 2020 dilaksanakan Santri Millennials Competitions, pada 5 - 20 Oktober 2020 dilaksanakan Muktamar Pemikiran Santri Nusantara, dan pada 6 - 7 Oktober 2020 dilaksanakan Kopdar Akbar Santrinet Nusantara.

Selanjutnya pada 8 Oktober 2020 dilaksanakan Shalawat Creator and Influencer Summit. Pada 15 Oktober 2020 dilaksanakan Penyerahan BOP Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam, serta Bantuan Pembelajaran Daring Pesantren. Pada 21 Oktober 2020 dilaksanakan Santriversary dan Malam Puncak Peringatan Hari Santri 2020, dan  22 Oktober 2020 dilaksanakan Upacara Bendera.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement