Sabtu 17 Oct 2020 20:43 WIB

Derbi Merseyside Everton Vs Liverpool Berakhir Imbang 2-2

Pemain Everton Richarlison dihukum kartu merah karena melakukan pelanggaran keras.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Striker Everton Dominic Calvert-Lewin (atas) mencetak gol kedua klubnya saat menghadapi Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu, 17 October 2020.
Foto: EPA-EFE/Peter Byrne
Striker Everton Dominic Calvert-Lewin (atas) mencetak gol kedua klubnya saat menghadapi Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu, 17 October 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Derbi Merseyside antara Everton melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/10) petang WIB, berakhir imbang 2-2. Liverpool mencuri angka dengan cepat di menit ketiga melalui gol yang dicetak oleh Sadio Mane saat menerima umpan tarik dari Andrew Robertson.

The Reds pun memimpin sementara dengan skor 1-0 Namun di menit ke-11, Liverpool harus kehilangan Virgil Van Dijk setelah menerima tekel keras dari Pickford. Van Dijk keluar digantikan Joe Gomez.

Everton terus berupaya membongkar pertahanan lawan, dengan Calvert-Lewin di bagian tengah. Namun, percobaan Lewin di menit ke-17 hanya bisa melepaskan tendangan lemah ke pelukan Adrian.

Everton akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-19 melalui situasi tendangan sudut. Tandukan Michael Keane saat menerima umpan dari James Rodriguez gagal diantisipasi oleh Adrian. Skor berubah imbang 1-1.

Hingga peluit tanda istirahat ditiup oleh wasit, tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Laga babak pertama pun berakhir imbang dengan skor sementara 1-1.

Di babak kedua, Liverpool tanpa ragu memberikan serangan ke gawang Everton. Kombinasi serangan Liverpool berhasil membuat Everton mendapat masalah. Beruntung bola liar yang diteruskan Fabinho melambung tinggi dari sasaran. Di menit ke-48 tendangan voli Henderson hanya melayang tipis di atas mistar gawang Pickford.

Dua menit berselang, kiper Liverpool Adrian melakukan penyelamatan penting dengan memotong umpan silang antara Digne dengan Calvert-Lewin.

Di menit ke-59, Everton hampir menggandakan keunggulan saat Richarlison menyambut umpan James Rodriguez di depan gawang dengan tandukan terbangnya. Namun keberuntungan masih berpihak kepada Liverpool, bola tersebut membentur tiang gawang.

Di menit ke-65, Adrian kembali melakukan penyelamatan saat James melakukan penetrasi ke gawang Liverpool. Tendangan menyusur tanah yang mengarah ke kanan gawang berhasil ditepis Adrian.

Liverpool berhasil menggandakan keunggulan melalui gol yang diciptakan Salah di menit ke-72. Berawal dari kombinasi serangan antara Fabinho dan Henderson, Salah melepaskan tendangan voli yang mengarah ke sudut gawang yang tidak tergapai oleh Pickford. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Liverpool.

Di menit ke-77, Pickford berhasil melakukan penyelamatan dari tandukan Joel Matip. Dua menit berselang, penjaga gawang Everton itu menepis tendangan keras Salah dari tengah.

Setelah berbagai penyelamatan di lini pertahanan, Everton secara mengejutkan kembali menyamakan kedudukan di menit ke-81 melalui tandukan Calvert-Lewin. Skor berubah menjadi 2-2.

Tanpa membuang-buang waktu, Liverpool kembali memberikam ancaman. Namun, Pickford kembali melakukan penyelamatan dari tembakan Diogo Jota.

Selanjutnya, gelandang Everton Richarlison dihukum kartu merah karena melakukan pelanggaran berat terhadap Thiago di menit ke-90. Liverpool pun diuntungkan dari segi jumlah pemain.

Liverpool akhirnya mencetak gol ketiga saat Henderson menyelesaikan umpan matang dari Mane di menit ke-92. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit melalui keputusan VAR karena Mane dianggap sudah berada dalam posisi offside. Skor akhir derbi tetap 2-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement