Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Terminal Tirtonadi Ikuti Lomba Terminal Sehat Kemenkes

Sabtu 17 Oct 2020 11:40 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Bilal Ramadhan

Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

Foto: bismania.com
Pengelola Terminal Tirtonadi sudah maksimal memberi rasa aman kepada penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Teminal Tipe A (TTA) Tirtonadi Solo kembali mengikuti Lomba Terminal Sehat yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal itu dilakukan untuk menjaga predikat terminal sehat yang telah berhasil disabet tahun lalu.

Penilaian dan verifikasi lapangan telah dilaksanakan oleh tim penilai, yang berjumlah tiga orang dari Kemenkes. Salah satu poin yang menjadi tinjauan utama yakni, pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (new normal) yang kini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan di tempat publik.

"Kalau tahun lalu kan belum ada New Normal, nah tahun ini ada dan masuk menjadi salah satu kategori penilaian," kata Koordinator Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (16/10).

Joko mengatakan, sejak awal pandemi Covid-19, pengelola terminal telah mengikuti arahan-arahan yang diberikan oleh pemerintah pusat, melalui Kemenkes, maupun oleh Pemkot melalui Dinas Kesehatan. Karenanya, pengelola terminal terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

"Protokol kesehatan jalan terus. Cuci tangan, pakai masker, pakai sarung tangan bagi petugas, dan lainnya. Sosialisasi juga kami laksanakan dengan menggunakan poster dan banner. Selain itu, kami umumkan selalu melalui pengeras suara yang ada di Terminal Tirtonadi," kata dia.

Joko mengaku optimistis dengan penjurian yang dilaksanakan. Sebab, pengelola terminal telah berupaya maksimal, untuk memberikan jaminan rasa aman kepada penumpang dan pengunjung terminal.

"Kalau dulu fokusnya hanya kebersihan, kerapian, makanan sehat, sumber air sehat, dan toilet sehat, sekarang protokol kesehatan, dan itu sudah kami laksanakan maksimal. Kami optimistis dengan penjuriannya," imbuh Joko.

Sementara itu, penanggungjawab pelaksanaan lomba terminal sehat TTA Tirtonadi, Jamaludin mengatakan penilaian lomba terdiri dari dua hal. Keduanya yakni, administrasi kesehatan yang disertakan data pendukung, serta tinjauan lapangan.

"Yang pertama itu verifikasi administrasi yang kita setorkan sebulan yang lalu. Kemudian verifikasi lapangan, dengan tim penilai yang terjun langsung ke TTA Tirtonadi," ucapnya.
Pengumuman pelaksanaan lomba akan berlangsung pada November mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA