Jumat 16 Oct 2020 19:08 WIB

Survei: Elektabilitas Prabowo Dibuntuti Ganjar, Anies Turun

Survei Indometer tunjukan elektabilitas Prabowo ditempel ketat Ganjar Pranowo.

Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto
Foto: EPA
Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Indometer menunjukan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih yang tertinggi dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Namun, kini elektabilitas Menteri Pertahanan itu ditempel ketat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berdasarkan hasil survei Indometer, elektabilitas Prabowo sempat mengalami penurunan dari 17,6 persen pada Juli 2020, menjadi 16,8 persen saat ini. Tetapi, elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi.

Baca Juga

"Sementara, Ganjar naik dari 15,4 persen menjadi 16,5 persen, menyisakan selisih tipis 0,3 persen saja dengan Prabowo," kata Direktur Eksekutif Survei Indometer Leonard SB dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (16/10).

Sementara elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sama-sama mengalami penurunan elektabilitas. Ridwan Kamil turun dari 11,3 persen menjadi 10,6 persen, sedangkan Anies lebih dalam turunnya dari 10,1 persen menjadi hanya 8,9 persen.

"Prabowo dan Ganjar Pranowo bersaing ketat sebagai capres 2024, sementara Ridwan Kamil dan Anies berpotensi kuat menjadi calon wakil presiden," katanya.

Menurut Leonard, figur Prabowo dan Ganjar merepresentasikan koalisi dua partai politik besar yang sedang berkuasa saat ini, yaitu PDIP dan Gerindra. Masalahnya, apakah PDIP akan mengusung Ganjar ataukah mendorong Puan Maharani pada 2024.

Kenaikan elektabilitas Ganjar tidak bisa dilepaskan dari posisinya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Di tengah masa pandemik Covid-19 dan ancaman resesi, kepala-kepala daerah menjadi berperan lebih strategis dibanding figur-figur yang menjabat di pemerintahan pusat.

Hal ini pula yang membuat Emil dan Anies tetap mantap pada peringkat ketiga dan keempat, meskipun sedikit melemah. Sementara itu, lanjut Leonard, mantan cawapres Sandiaga Uno juga terus menurun, dari 8,8 persen menjadi hanya 7,7 persen.

Gubernur Jawa Timur Khofidah Indar Parawansa turun sedikit dari 4,1 persen menjadi 3,8 persen, demikian pula dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turun dari 2,9 persen menjadi 2,1 persen.

Di antara pejabat pemerintah pusat, Menteri BUMN Erick Thohir mengalami kenaikan dari 1,8 persen menjadi 2,3 persen. Sedangkan Menko Polhukam Mahfud MD turun sedikit dari 1,4 persen menjadi 1,3 persen.

Sedangkan elektabilitas Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang turun dari 3,3 persen menjadi 2,9 persen. Sementara petinggi PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani turun dari 1,2 persen menjadi 1,1 persen.

Survei Indometer dilakukan pada 25 September-5 Oktober 2020 melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden dari seluruh provinsi yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement