Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Pemkab Serahkan 30 Unit Alsintan pada Kelompok Tani

Jumat 16 Oct 2020 17:43 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi

Warga melihat alat dan mesin pertanian (Alsintan) hand traktor (ilustrasi). Pemkab Purbalingga menyerahkan 30 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani.

Warga melihat alat dan mesin pertanian (Alsintan) hand traktor (ilustrasi). Pemkab Purbalingga menyerahkan 30 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani.

Foto: ANTARA/Syaiful Arif
Bantuan alsintan ini diharapkan membuat generasi muda tertarik menggeluti pertanian.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menyerahkan 30 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani. Penyerahan bantuan alsintan dilaksanakan secara simbolis di di Balai Benih Pertanian Desa Mewek Kecamatan Kalimanah, Jumat (16/10).

''Bantuan ini bersumber dari anggaran di Kementerian Pertanian,'' kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam.

Bantuan alsintan yang diserahkan terdiri atas mesin traktor baik hand traktor kategori traktor singkal, hand traktor rotary, dan lima unit cultivator. Bantuan tersebut dibagikan pada kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga

Mukodam menyatakan, program bantuan alsintan yang dilaksanakan hampir setiap tahun ini, dimaksudkan agar generasi muda semakin tertarik menggeluti bidang pertanian. Dengan penggunaan alsintan, sistem pertanian yang makin efektif, efisien dan produktif. Petani juga tidak harus selalu memegang cangkul atau belepotan lumpur.

"Untuk itu, kami berharap minat generasi muda untuk menggeluti bidang pertanian juga semakin meningkat,'' kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Suryo Banendro, dalam kesempatan itu  mengingatkan agar para petani mulai mempersiapkan lahannya karena saat ini mulai memasuki musim penghujan. ''Silakan para petani mulai mempersiapkan lahannya untuk memulai musim tanam,'' kata Suryo.

Dia juga meminta agar pada musim tanam kali ini, petani lebih waspada terhadap serangan hama dan penyakit tanaman. ''Amati sejak dini. Bula hama tanaman mulai muncul, agar segera diatasi agar tidak makin meluas,'' ucap dia.

Hal serupa juga disampaikan Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana. Dia meminta para petani merawat bantuan alsintan yang diperoleh agar tidak cepat rusak. ''Meski pun petani mendapat alsintan ini bukan dengan membeli, saya minta petani bisa merawat alat ini dengan baik,'' kata Sarwa.

Ketua Kelompok Tani Sidodadi 2 Desa Kalimanah Wetan, Sutarno menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan alsintan yang diterima. ''Mudah-mudahan dapat kami manfaatkan dengan maksimal sehingga hasil panen yang kami peroleh juga bisa lebih baik,'' ucap Sutarno.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA