Jumat 16 Oct 2020 16:56 WIB

Ini Penyebab SARS-CoV-2 Dapat Meningkat Saat Musim Dingin

Partikel individu virus corona mengalami destabilisasi pada suhu rendah

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Studi terbaru menunjukkan bahwa partikel individu dari sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2) mengalami destabilisasi atau ketidakstabilan struktural pada suhu yang relatif rendah tetapi meningkat. Ini memperkuat kasus penyakit Covid-19 muncul kembali di musim dingin.

Rute penularan yang umum untuk SARS-CoV-2, agen penyebab penyakit COVID-19, adalah melalui aerosol yang dibuat selama peristiwa pernapasan yang tajam, seperti batuk atau bersin. Lebih lanjut, diketahui bahwa partikel virus seringkali menyebar setelah pengendapannya pada permukaan yang berbeda.

Ketergantungan dan variasi musiman menurut iklim diperkirakan terjadi di awal pandemi karena kemiripan tertentu dengan penyakit virus corona manusia lainnya. Meskipun demikian, kita tidak menyaksikan penurunan tajam dalam tingkat infeksi selama musim panas 2020, yang mengakibatkan keraguan luas tentang musim Covid-19.

Dalam studi ini, para peneliti dari University of Utah di Salt Lake City dan University of California di Davis (AS) telah menggunakan mikroskop gaya atom untuk menyelidiki stabilitas struktural partikel mirip virus SARS-CoV-2 individu pada berbagai suhu yang berbeda, sebelum atau setelah imobilisasi dan pengeringan pada permukaan kaca yang berfungsi.

"Kemampuan untuk membuat virus seperti partikel berdasarkan genom SARS-CoV-2, dikombinasikan dengan informasi struktural yang tersedia melimpah memungkinkan strategi desain presisi tinggi membuka peluang unik untuk kemajuan cepat dan memungkinkan kami untuk mengatasi masalah keamanan yang terkait dengan eksperimen di virus penuh," penulis studi menjelaskan pilihan metodologis mereka, dilansir di News Medical, Jumat (16/10).

Singkatnya, para peneliti telah memanfaatkan teknologi ini untuk menilai stabilitas selubung virus dan protein terkait (yaitu, matriks, selubung, dan lonjakan) dalam kondisi lingkungan yang beragam. Peneliti menyimpukan, bahwa bahkan peningkatan suhu yang ringan, sepadan dengan apa yang biasa terjadi pada pemanasan musim panas, menyebabkan gangguan dramatis terhadap stabilitas struktural virus, terutama ketika panas diterapkan dalam keadaan kering.

Penggunaan mikroskop gaya atom mengungkapkan bahwa hanya segelintir partikel virus SARS-CoV-2 yang mempertahankan bentuknya, dan bahkan partikel yang luar biasa tersebut terdegradasi hampir seketika selama pemindaian, yang berarti kemungkinan besar mereka sudah rusak secara struktural.

Satu temuan tak terduga yang berasal dari penelitian ini adalah betapa sedikit pemanasan yang diperlukan untuk mendegradasi partikel mirip virus, lebih khusus lagi, hanya 34 derajat celcius selama 30 menit sudah cukup untuk efek yang agak dramatis. Efeknya lebih lemah untuk partikel yang terpapar suhu tinggi dalam larutan dan lebih kuat untuk memaparkannya dalam keadaan kering.

Sebaliknya, permukaan pada suhu 22 derajat Celcius tidak membantu dalam degradasi yang cepat. Ini menunjukkan bahwa permukaan dalam ruangan yang umum dan yang berada di luar ruangan selama musim dingin memang dapat mendorong kelangsungan hidup virus dan mungkin meningkatkan dan memperluas penyebaran virus.

Hasil penelitian ini konsisten dengan studi nonmekanistik lain yang tersedia tentang infektivitas virus dan memberikan perspektif partikel tunggal tentang musim virus, mengkonsolidasikan pada saat yang sama kasus kebangkitan Covid-19 di musim dingin.

Dan karena gelombang besar wabah akan segera datang saat memasuki musim dingin, ada kebutuhan mendesak untuk melakukan studi mekanistik lebih lanjut dari virus Covid-19 dan SARS-CoV-2, karena temuan ini akan sangat penting untuk keputusan kebijakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement