Jumat 16 Oct 2020 12:13 WIB

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS

Zepeda merupakan menteri di masa pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Meksiko Vs Amerika Serikat
Foto: tagza.com
Meksiko Vs Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ÁNGELES -- Mantan menteri pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda ditangkap unit anti-narkoba Amerika Serikat (AS) Drug Enforcement Administration (DEA) di bandara Los Angeles. Zepeda merupakan menteri di masa pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto.

Juru bicara DEA di Los Angeles Nicole Nishida mengatakan ia belum mengetahui detail alasan dan situasi penangkapan tersebut. Belum diketahui juga apakah Zepeda baru datang atau hendak pergi dari Los Angeles.

Baca Juga

Belum diketahui pula apakah apakah ada anggota keluarga atau orang lain yang ikut bersamanya. Di media sosial Twitter, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Duta Besar AS untuk Meksiko Christopher Landau memberitahunya mengenai penangkapan tersebut.  

"Konsulat di Los Angeles akan memberi saya informasi tentang dakwaannya dalam beberapa jam ke depan kami juga menawarkan bantuan konsulat yang sudah menjadi haknya, saya akan terus mengabarkan Anda," kata Ebrard, Jumat (16/10).

Sumber diplomatik Meksiko mengatakan sejumlah anggota keluarganya sedang bersama Zepeda saat ia ditangkap. Mereka sudah dibebaskan.

Beberapa anggota kabinet dan partai Pena Nieto ditangkap atas tuduhan korupsi. Biasanya mereka juga dituduh memiliki hubungan dengan organisasi kejahatan.

Penangkapan itu dilakukan tidak lama setelah mantan menteri keamanan presiden Felipe Calderon yakni Genaro Garcia Luna ditangkap di Texas tahun lalu. Garcia Luna diduga menerima jutaan dolar AS dari kartel narkoba yang harusnya ia tangkap. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement