Jumat 16 Oct 2020 11:29 WIB

Astronom Deteksi Asam Amino Glisin di Atmosfer Venus

Glisin adalah bahan penyusun protein.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Atmosfer Venus.
Foto: slash gear
Atmosfer Venus.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tim peneliti mengklaim bahwa mereka telah menemukan asam amino glisin di atmosfer Venus. Penelitian ini menemukan ada sekitar 500 asam amino yang diketahui, tetapi hanya 20 yang ada dalam kode genetik. Glisin adalah yang paling sederhana.

Meskipun glisin dan asam amino lainnya bukanlah ciri biologis, itu adalah beberapa bahan penyusun kehidupan. Faktanya, glisin adalah bahan penyusun protein. Glisin juga merupakan molekul organik pertama yang muncul di Bumi. Glisin penting untuk pengembangan protein dan senyawa biologis lainnya.

Baca Juga

Para peneliti menggunakan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) untuk mendeteksi glisin di atmosfer Venus dengan spektroskopi. Mereka menemukannya di garis lintang tengah, dekat ekuator. Di situlah sinyalnya terkuat, dan tidak ada yang terdeteksi di kutub.

"Deteksi di atmosfer Venus mungkin menjadi salah satu kunci untuk memahami mekanisme pembentukan molekul prebiotik di atmosfer Venus. Atmosfer bagian atas Venus mungkin mengalami metode biologis yang hampir sama dengan Bumi miliaran tahun lalu,"kata para peneltiti, dilansir di Universe Today, Jumat (16/10),

Pada pertengahan September lalu, tim peneliti melaporkan menemukan fosfin di atmosfer atas Venus. Seperti glisin, fosfin juga terdeteksi lebih kuat di pertengahan garis lintang.

Fosfin bisa menjadi tanda-tanda biologis dan ada di Bumi. Tapi itu juga bisa dibuat secara kimiawi, meski itu membutuhkan energi yang sangat besar.

Fosfin jug terdeteksi di Jupiter dan Saturnus, di mana terdapat energi yang berlimpah untuk produksinya. Tetapi Venus tidak memiliki energi yang dibutuhkan untuk membuat fosfin.

Tim peneliti yang menemukan fosfin sangat berhati-hati dengan temuan mereka sendiri. Dalam makalahnya, mereka hampir meminta peneliti lain untuk menjelaskan keberadaan fosfin tanpa menyebut kehidupan.

"Sekarang, para astronom akan memikirkan semua cara untuk membenarkan fosfin tanpa kehidupan, dan saya menyambutnya. Harap lakukan, karena kami berada di ujung kemungkinan untuk menunjukkan proses abiotik yang dapat membuat fosfin."

Kemudian beberapa minggu kemudian, tim peneliti lain melakukannya. Dalam makalah mereka, yang disebut perspektif hipotesis, mereka mengatakan bahwa gunung berapi dapat menjelaskan fosfin.

"Kami berhipotesis bahwa jumlah jejak fosfida yang terbentuk di mantel akan dibawa ke permukaan oleh vulkanisme, dan kemudian dikeluarkan ke atmosfer, di mana mereka dapat bereaksi dengan air atau asam sulfat untuk membentuk fosfin."

Deteksi fosfin menjadi latar belakang penemuan terbaru ini. Kedua penemuan ini adalah bagian dari pertanyaan besar seputar Venus: Apakah ada potensi kehidupan di Venus? Atau apakah bahan kimia ini tidak ada hubungannya dengan kehidupan?

Venus sangat tidak ramah karena atmosfernya asam. Suhunya cukup panas untuk melelehkan pesawat ruang angkasa, dan memiliki tekanan atmosfer sedang menghancurkan. Tapi tinggi di awan, antara sekitar 48 dan 60 km di atas permukaan, suhunya tidak begitu mematikan.

Pada ketinggian tersebut, suhu berkisar antara -1 C hingga 93 C. Ini sangat kontroversial. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa jenis kehidupan sederhana dapat bertahan di sana, terus berkembang biak, tanpa pernah menyentuh permukaan planet. Fosfin mudah terdegradasi, sehingga harus terus diproduksi agar dapat dideteksi. Kehidupan di ketinggian itu bisa menjadi sumber fosfin.

Penemuan glisin baru ini hanya menambah misteri dan ketidakpastian. Dalam makalah mereka, para peneliti mengusulkan bahwa sel Hadley dapat bertanggung jawab untuk menyediakan rumah bagi kehidupan.

"Sirkulasi Hadley di garis lintang tengah dapat memberikan kondisi pendukung kehidupan yang paling stabil dengan waktu sirkulasi 70–90 hari yang cukup untuk reproduksi kehidupan mikroba (mirip Bumi)."

Selain itu, deteksi glisin cocok dengan deteksi fosfin. Distribusi glisin yang bergantung pada garis lintang kira-kira cocok dengan batas deteksi fosfin yang baru terdeteksi dan dengan batas sel Hadley atas yang diusulkan di mana gas bersirkulasi antara ketinggian atas dan bawah. Sel Hadley adalah pola gerakan udara yang naik di khatulistiwa dan turun di sekitar daerah subtropis.

Meskipun merupakan temuan yang menarik dan layak untuk dipelajari lebih lanjut, kehadiran glisin tidak jauh dari pukulan telak dalam upaya menemukan kehidupan di tempat lain.

Para penulis mengetahui hal ini dan berhati-hati untuk menunjukkannya. "Perlu dicatat bahwa deteksi glisin di atmosfer Venus adalah petunjuk keberadaan kehidupan tetapi bukan bukti kuat," kata penulis studi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement