Jumat 16 Oct 2020 10:36 WIB

Notifikasi Peringatan Dini Bencana Bisa Diakses di Shopee

BMKG gandeng Shopee berikan informasi real time peringatan dini bencana alam.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Peringatan dini bencana resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kini bisa diakses melalui di aplikasi e-commerce (Foto: ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Peringatan dini bencana resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kini bisa diakses melalui di aplikasi e-commerce (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan dini bencana resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kini bisa diakses melalui di aplikasi e-commerce. BMKG sengaja bekerja sama dengan Shopee guna menjangkau lebih banyak orang dalam penyebaran informasi bencana.

"Bencana alam tidak bisa diprediksi, sehingga informasi seakurat mungkin yang diterima masyarakat Indonesia menjadi sangat penting," kata Muhamad Sadly, Deputi Bidang Geofisika BMKG, dalam jumpa pers virtual, Kamis (15/10).

Baca Juga

Sadly menambahkan bahwa BMKG sebagai lembaga resmi terkait memiliki kemampuan untuk dapat mendeteksi secara dini apabila terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami, juga informasi prakiraan cuaca dan lain-lainnya. Melalui fitur terbaru ini, para pengguna dapat mengakses informasi bencana alam yang berasal dari BMKG secara akurat, cepat, dan tepat sesuai dengan lokasi domisili maupun lokasi lain yang dipilih.

"Fitur peringatan dini bencana alam di aplikasi Shopee ini juga menggunakan data terbaru secara waktu nyata (realtime) dengan sistem di BMKG," kata Sadly.

Sementara itu, Handika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia menyambut baik kolaborasinya dengan BMKG dalam menghadirkan fitur peringatan dini bencana alam. Dengan fitur ini para pengguna Shopee Indonesia di mana pun mereka berada dapat mengakses informasi dan peringatan bencana alam, melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal dan mulai dapat diakses pada 20 Oktober 2020.

Menurut dia, kehadiran fitur ini dapat membantu BMKG dalam memetakan daerah mana saja yang terekspos dengan bencana dan memberitahukan masyarakat mengenai apa yang harus mereka lakukan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement